Koperasi Masih Lemah, Disperidagkop Lakukan Penguatan

  • Whatsapp

KOTA TANGERANG, SBN – Kondisi pandemi Covid-19 saat ini tidak menyurutkan Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang melakukan pembinaan kepada 104 koperasi yang tersebar di 13 Kecamatan Kota Tangerang. Melalui tenaga pendamping yang disiapkan, secara bertahap pembinaan penguatan koperasi dilaksanakan. Tangerang, Selasa (29/9/2020).

“Bentuk penguatan kami laksanakan bersifat inisiatif di bidang kami yakni bidang pemberdayaan koperasi (non baget-red) dan kami berkoordinasi dengan para camat atau kasi ekbang untuk melaksanakan pertemuan awal pada koperasi yang ada di kecamatan,” ungkap Chaeruman Omang Opus Koordinator pendamping Koperasi.

Omang melanjutkan, hingga saat ini kegiatan pendampingan sudah dijalankan di 9 Kecamatan. Ia mengakui banyak koperasi yang tersebar di 104 Kelurahan secara kelembagaan masih belum sepenuhnya memiliki kesiapan yang ideal baik struktur, program dan kegiatan.

“Bina Wilayah pendampingan koperasi yang kami targetkan adalah pengutan kelembagaan koperasi, dengan target berikutnya setelah lembaga kuat kami ingin koperasi yang ada di Kota Tangerang menjadi berdaya,”terangnya saat dihubungi penulis.

Terpisah, Abdul Kholil Kepala Bidang Koperasi menyampaikan pentingnya Koperasi berinovasi dalam melakukan kegiatan usahanya, melalui kerjasama kemitraan antar koperasi atau dengan badan usaha lainnya dan terus meningkatkan layanannya sehingga memudahkan pengurus, pengawas dan anggota dalam meningkatkan kinerjanya untuk mengelola koperasinya secara professional.

Kholil menyampaikan apresiasi untuk Koperasi Maju Bersama Cibodasari yang Selasa (29/9) telah melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2019 secara virtual melalui zoom.

“Hal itu menunjukan solusi Koperasi tetap beraktifitas kegiatan usahanya dimasa pandemic corona saat ini. Diharapakan dapat menginspirasi koperasi-koperasi lainnya khususnya Koperasi Kelurahan dapat mengikuti langkah serupa sebagai wujud rasa tanggung jawab para pengurus dan pengawas kepada anggota,” tandasnya. (des)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *