BMKG Ungkap Sebagian Besar Wilayah Banten yang Masuk Musim Hujan

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini: BMKG Ungkap Sebagian Besar Wilayah di Banten yang Masuk Musim Hujan

BANTEN (SBN) — Sebagain besar wilayah di Provinsi Banten mengalami hujan. Pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hari ini cuaca terpantau hujan ringan hingga hujan sedang di sebagian besar wilayah Provinsi Banten.

BMKG mengungkapkan, salah satu faktor penyebab hujan yang cukup merata ini, karena adanya tekanan rendah dan eddy di bagian Barat Pulau Sumatera. Yang memicu terjadinya pertemuan angin (konvergensi) di barat daya Banten sehingga memicu terbentuknya awan konvektif penyebab hujan di sebagian besar wilayah Provinsi Banten.

Read More

“Untuk prakiraan cuaca dua hari ke depan diprediksi masih berpotensi terjadi hujan di beberapa wilayah Provinsi Banten, antara lain Kabupaten Tangerang bagian selatan, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak bagian utara dan tengah,” ujar Septina Resha Trinanda selaku Prakirawan BBMKG Wilayah 2.

Ia menuturkan, kejadian suara petir yang sangat menggelegar yang terjadi di senjumlah wikayah, merupakan kejadian yang wajar. Hal ini biasa terjadi apabila memasuki peralihan musim dari musim kemarau ke musim penghujan.

Ia juga mengatakan, perlu diwaspadai fenomena lain yang sering muncul seperti hujan lebat, angin puting beliung dan angin kencang meskipun dengan periode singkat.

“Saat ini wilayah yang sudah memasuki musim penghujan yaitu Kabupaten Serang bagian selatan, dan sebagian besar Kabupaten Lebak (Update dasarian per I oktober ). Sedangkan untuk Wilayah Tangerang Raya bagian selatan, diprakirakan pada Oktober Dasarian I,” urai Septina.

Untuk Tangerang Raya bagian tengah, diprakirakan memasuki musim penghujan pada November Dasarian III. Tangerang Raya bagian utara diprakirakan pada Desember dasarian III, dan sebagian besar wilayah Pandeglang diprakirakan pada Oktober dasarian I.

“Namun saat ini berdasarkan update data Dasarian I bulan Oktober, belum masuk musim hujan” tuturnya.

BMKG menghimbau, bagi masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi musim transisi, ataupun musim penghujan, terlebih untuk wilayah-wilayah yang berpotensi banjir dan longsor.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi, diharapkan terus memantau perkembangan iklim, dan cuaca terkini melalui aplikasi infoBMKG atau update informasi MKG wilayah Banten, di media sosial kami baik twitter maupun Instagram di @bmkgwilayah2,” pungkasnya Septina. (hrs)

Wartawan

Related posts