banner 468x60 banner 468x60

Pendiri Tangerang Raden Aria Wangsakara akan Dianugrahi Gelar Pahlawan Nasional

Joe
28 Okt 2021 19:13
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Salah seorang dari tiga pendiri Tangerang, yaitu Raden Aria Wangsakara akan dianugrahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Menurut Mahfud, Presiden Joko Widodo akan memberikan gelar pahlawan nasional untuk empat tokoh bangsa.

“Bapak Presiden telah mengeluarkan keputusan untuk memberi gelar pahlawan kepada empat pejuang yang menginspirasi untuk membangun Indonesia yang merdeka dan berdaulat,” kata Mahfud, dalam konferensi pers dikutip dari kanal YouTube Kemenko Polhukam, Kamis (28/10/2021).

Selain Raden Aria Wangsakara, ketiga calon penerima gelar pahlawan nasional lainnya adalah Usmar Ismail, seorang sutradara film, sastrawan, wartawan, dan pejuang Indonesia.

Lalu ada Tombolotutu, pejuang asal Sulawesi Tengah dan Sultan Aji Muhammad Idris, pejuang Indonesia asal Kalimantan Tengah.

Prosesi pemberian gelar pahlawan nantinya akan diberikan presiden tepat pada saat perayaan Hari Pahlawan, 10 November 2021.

“Itu pahlawan nasional yang nanti akan diserahkan secara resmi kepada keluarga para almarhum di Istana Bogor, kalau tidak berubah persis pada hari pahlawan 10 November,” ungkap Mahfud.

Ia menguraikan, keempat tokoh tersebut ikut berjuang untuk memajukan Indonesia. “Sehingga untuk tahun ini ditetapkan 4 orang yang diberi atau dianugerahi gelar pahlawan berdasar keputusan Presiden dengan kriteria banyak,” lanjut Mahfud.

Terkait akan dianugrahinya Raden Aria Wangsakara sebagai ‘Pahlawan Nasional’, Bupati Tangerang turut bersyukur, lantaran Raden Aria Wangsakara merupakan salah satu pendiri dan tokoh Tangerang.

“Alhamdulillah (Raden Aria Wangsakara akan dianugrahi gelar ‘pahlawan nasional’). Nanti lebih baik tunggu surat resminya,” ucap Bupati saat dikonfirmasi Suarabantennews.com lewat pesan WA. (hrs)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan