BMKG: Pesisir Banten Banyak Terjadi Banjir Rob karena Pasang Maksimum

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Hari Ini, Berita Banten Terbaru, Serang, Serang Hari Ini, Serang Terbaru, Peristiwa, Peristiwa Hari Ini, Peristiwa Terbaru, Berita Viral, Berita Viral Hari Ini, Berita Viral Terbaru: BMKG: Pesisir Banten Banyak Terjadi Banjir Rob karena Pasang Maksimum
Pakirawan Cuaca BMKG Serang

SERANG (SBN) — Beberapa pesisir di Banten, seperti di Panimbang, Cerita, Cinangka, dan Anyer terjadi banjir rob pada Senin malam kemarin (6/12/2021).

Trian, prakirawan cuaca BMKG Kelas 1 Serang, mengatakan bahwa bulan Desember dan Januari ini memang puncak musim hujan. Selain itu, juga ada fenomena La Nina.

Read More

“Kemudian terakhir ini ada banjir rob di beberapa wilayah pesisir, karena ada pasang maksimum dan surut maksimum,” ucap Trian saat ditemui di Kantor BMKG Kelas I Serang, Taktakan, Selasa (7/12/2021).

Trian menerangkan, terjadinya pasang surut maksimum karena daya tarik bulan, bahwa air pasang air surut akan terjadi di awal bulan hijriyah dan pertengahan bulan purnama.

“Desember ini khususnya di awal memang terjadi pasang maksimum atau surut minimum,” terangnya.

Dirinya menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati karena adanya peningkatan curah hujan. Kemudian gelombang juga pastinya ada peningkatan.

“Jadi masyarakat harus mencari informasi sumber yang valid. Kalau terkait cuaca dan banjir rob harus dari BMKG,” katanya.

Wartawan

Related posts