banner 468x60 banner 468x60

Satu-Satunya Daerah Tanpa Unit Donor Darah di Banten, Kota Serang Segera Bangun UDD

Joe
20 Jan 2022 13:55
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Kota Serang merupakan satu-satunya daerah yang belum memiliki Unit Donor Darah (UDD) di Provinsi Banten.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang, Adde Rosi Khaerunnisa mengatakan, saat ini Pemkot Serang melalui Dinas PUPR telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan UDD.

“Penempatan lokasi lahan alhamdulillah telah diterima suratnya di tahun kemarin, dan ditahun ini sudah dianggarkan PUPR sekitar Rp500 juta untuk land clearing,” ucap Ade saat ditemui di Markas PMI Kota Serang, Rabu (20/1/2022).

Ade menjelaskan, karena dianggarkan perubahan tidak mungkin menganggarkan besar pembangunanya. Maka pihaknya akan menunggu di tahun 2023.

“Ada skema lain karena urjen, mengingat kebutuhan donor darah masyarakat Kota Serang tinggi. Maka membangun UDD secara bertahap, kita bisa menyewa tempat atau memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Pemkot Serang,” ujarnya.

Adde mengaku, ingin secepatnya UDD terbangun, karena di daerah lain ada juga gedung UDD yangs ederhana tapi fasilitasnya lengkap.

“Saya datang donor ke UDD Kab Serang, saya lihat tempatnya tidak terlalu mewah tapi alat dan fasilitasnya lengkap,” ujarnya.

“Kita akan adopsi sambil menunggu kebutuhan anggaran yang cukup besar untuk pembangunan gedung UDD berikutnya,” katanya.

Adde mengungkapkan, urgensi UDD ini sangat penting karena laporan stok darah tipis sementara lebutuhan banyak.

“Idelanya lahan yang dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Serang, Subadri Ushuludin mengatakan, terkait UDD Pemkot Serang baru menetapkan lokasinya, nanti tinggal tahapan pembangunannya.

“FS dan DED nya mungkin tahun 2023. FS 3 lokasi, yakni di Tritih, RSUD, dan sekitaran stadion. Diharapkan hasil DED juga ditindaklanjuti secara cepat,” katanya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan