banner 468x60 banner 468x60

Pacu Minat Baca, Dinas Perpusip Kabupaten Tangerang Turun ke Desa

Ramzy
16 Mei 2023 18:14
2 menit membaca

KABUPATEN TANGERANG (SBN) – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Perpusip) Kabupaten Tangerang menurunkan tim keliling ke sejumlah desa untuk menumbuhkan minat baca serta meningkatkan literasi warga. Kegiatan ini menyasar warga melalui layanan pelatihan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Kali ini, kegiatan tersebut digelar di Desa Pabuaran, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Selasa 16 Mei 2023.

“Alhamdulillah kegiatan serupa juga sudah berjalan di 7 desa dan akan berlanjut sampai 11 desa,” kata Rosidin, Pustakawan Ahli Muda Subkoordinator Pengembangan dan Kerjasama multimedia pada Bidang Deposit, Pengembangan dan Kerjasama Perpustakaan pada Dinas Perpusip Kabupaten Tangerang.

Dia mengatakan, layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial ini bertujuan untuk membuka wawasan tentang pentingnya pengembangan literasi dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk menumbuhkan minat serta meningkatkan literasi warga desa. Masyarakat dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat kerajinan tangan, salah satunya adalah membuat Bucket Bunga

Kegiatan ini mengangkat tema “Mengubah Paradigma Perpustakaan Dari Baca Menjadi Karya”. Rosidin berharap, kegiatan ini dapat membangun koordinasi dan kerjasama antara stakeholder dalam pengembangan perpustakaan di tingkat desa maupun kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas serta ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Jayanti, Yandri Permana berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif untuk meningkatkan keterampilan masyarakat khususnya ibu rumah tangga.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpusip yang sudah melaksanakan kegiatan ini, mudah mudahan kegiatan serupa juga bisa dilaksanakan di desa desa lainnya agar nantinya masyarkat memiliki kemampuan yang lebih untuk dirinya sendiri dan juga orang lain,” pungkasnya.(Rls)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan