Disporabudpar Kabupaten Tangerang Menyambut Baik Wisata Tebing Koja Bebas Pungli

Rikhi Ferdian Herisetiana
29 Mei 2024 13:45
2 menit membaca

SuaraBantenNews.Com – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang menyambut baik wisata Tebing Koja Solear yang kini bebas pungutan liar (Pungli), Rabu 29 Mei 2024.

Diketahui, wisata alam Tebing Koja di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, dikabarkan sepi pengunjung karena maraknya aksi pungli oleh warga sekitar terhadap wisatawan yang datang.

Namun saat ini wisata yang biasa disebut Kandang Godzila itu telah dinyatakan bebas pungli oleh warga sekitar.

Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar Kabupaten Tangerang, Imam Subekhi merespon baik wisata Tebing Koja yang kini dinyatakan warga sekitar bebas pungli.

Kata dia, hal tersebut dapat menggencarkan promosi wisata di Kabupaten Tangerang yang aman, nyaman, guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kami sangat menyambut baik artinya pembinaan kita terhadap pokdarwis (kelompok sadar wisata) sudah cukup berhasil,” kata Imam.

Meski begitu dia tak menampik jika pengelolaan wisata di Kabupaten Tangerang saat ini belum optimal.

Menurut dia, salah satunya karena masih banyak kawasan wisata yang masih dikelola secara pribadi oleh masyarakat, seperti Tebing Koja dan danau Cigaru.

“Jadi sebenarnya ini bukan hanya tugas Dispora saja, stakeholder lain yang terkait pun harus duduk bersama termasuk dengan masyarakatnya. Seperti Ketapang Aquaculture sekarang bisa dilihat kan seperti apa setelah dikelola pemda, ekonomi warga sekitar pun jadi ikut terbantu,”  paparnya.

Imam mengaku pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap warga yang berada di kawasan wisata melalui Pokdarwis, guna memberikan rasa nyaman terhadap wisatawan dalam rangka meningkatkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Intinya kami menyambut baik dengan adanya wisata yang bebas pungli dan ini terjadi bukan hanya di sana (Tebing Koja) sebenarnya,” tandas dia.

Ipan, salah seorang warga sekitar mengungkapkan saat ini wisata Tebing Koja sudah bebas pungli dan sedang dalam penataan pengelolaan dan penghijauan.

Bahkan, kata dia, Tebing Koja akan diikut sertakan dalam promosi wisata Indonesia yang diselenggarakan di Kalimantan, tahun ini.

“Sudah bebas pungli. Ayo masyarakat Tangerang datang lagi ke Tebing Koja untuk berwisata dan poto-poto sambil menikmati keindahan alam,” pungkasnya.