Warga Tangerang Diimbau Beli Hewan Kurban di Lapak Berstiker Pemkot

Rikhi Ferdian Herisetiana
7 Jun 2024 17:54
2 menit membaca

SuaraBantenNews.Com – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang mengimbau masyarakat untuk membeli hewan kurban di lapak-lapak yang bertanda stiker Pemkot Tangerang.

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun menjelaskan, lapak berstiker Pemkot Tangerang, menjadi tanda dokter hewan DKP Kota Tangerang telah melakukan pemeriksaan ke lokasi lapak.

Stiker ini guna memastikan seluruh hewan yang diperjualbelikan sehat secara individu maupun kelompok,” terangnya, Jumat 7 Juni 2024.

Ia melanjutkan, stiker ini juga menandakan hewan kurban yang dijual memiliki surat-surat yang lengkap, surat pernyataan kesehatan yang legal, hewan yang cukup umur dan sesuai dengan syariat Islam.

Tak kalah penting, dalam pemeriksaan ialah memastikan pakan dan minum yang tersedia dengan baik di setiap lapak.

“Sehingga, lapak dengan stiker Pemkot Tangerang dipastikan memperjualbelikan hewan kurban yang bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), bebas penyakit antraks atau pun Lumpy Skin Disease (LSD),” paparnya.

Jangan asal beli, harus menjadi pembeli cerdas untuk ibadah kurban yang lebih maksimal,” imbuhnya.

Ia pun menjelaskan, diperkirakan pada Iduladha 2024 ini, di Kota Tangerang tersedia 251 lapak hewan kurban, dengan lebih dari 8 ribu sapi, puluhan kerbau, 6 ribu kambing dan 3 ribu domba.

Semuanya, sampai saat ini masih terus dilakukan pemeriksaan oleh delapan dokter hewan DKP Kota Tangerang dan 30 dokter hewan perbantuan.

“Sejauh ini, sudah 80 persen lapak hewan kurban di Kota Tangerang dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan profesional. Ini masih akan terus dimasifkan hingga hari akhir, bahkan DKP Kota Tangerang akan menyebar dokter untuk memastikan keamanan hewan-hewan dalam proses penyembelihan hingga pembagian ke masyarakat,” katanya.