Pemusatan Paskibraka Kota Serang Berjalan Lancar

Redaksi
15 Agu 2023 15:41
2 menit membaca

SERANG, – Pemerintah Kota Serang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sukses melaksanakan pemusatan pasukan pengibar bendera (Paskibraka) disalah satu hotel di Kota Serang.

Pemusatan Paskibraka itu dilaksanakan Kesbangpol Kota Serang mulai pada Rabu – Jumat (9 – 18/8/2023). Selama pemusatan itu, Paskibraka Kota Serang diberikan pembekalan materi dan latihan langsung.

Proses pemusatan itupun tidak lepas dari perhatian Walikota Serang Syafrudin dari awal hingga akhir. Bahkan Walikota Serang, selain membuka, juga sempat menjadi narasumber dalam pemusatan Paskibraka Kota Serang itu.

Hadir juga Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin, Sekda Kota Serang Nanang Saefudin, Dandim 0602/Serang Kolonel Arm Fajar Catur Prasetyo, dan Kapolresta Serang Kota Kombes Pol. Sofwan Hermanto, dan kegiatan tersebut ditutup oleh Kepala Kesbangpol Kota Serang Wasis Dewanto.

Pada Selasa (15/8/2023) Paskibraka Kota Serang melakukan gladi bersih pengibaran bendera merah putih. Malem harinya, dilakukan pangukuhan pasukan pengibar bendera pusaka 2023 ini, yang langsung dikukuhkan oleh Walikota Serang, Syafrudin dan dihadiri para Forkopimda tersebut.
Paskibraka Kota Serang itupun hingga akhirnya sukses menjalankan tugas.

Wali Kota Serang, Syafrudin menyampaikan,
Pemerintah Kota Serang mengapresiasi kegiatan pemusatan Paskibraka tersebut.
Ini adalah moment untuk mempersiapkan pelaksanaan pembentukan pasukan pengibaran dan penuruan bendera pusaka tingkat Kota Serang.

“Mereka yang hadir disini adalah putra-putri terbaik yang lolos dalam seleksi Paskibraka, ini adalah sebuah kesempatan yang sangat luar biasa. Pelaksanaan pendidikan ini diharapkan agar memberikan pemahaman dasar kepemimpinan bagi pemuda, agar terbentuknya jiwa nasionalisme,” katanya.

Kepala Kesbangpol Kota Serang Wasis Dewanto mengucapkan terimakasih kepada Walikota Serang, Wakil Walikota Serang, Sekda Kota Serang, Kapolresta Serang Kota, dan Komandan Kodim 06 02, yang telah hadir di dalam pemusatan Paskibraka tersebut.

“Kegiatan Paskibraka rangkaiannya sangat panjang, yang mana hasil seleksi dari seluruh SMA, SMK, Madrasah Aliyah yang ada di Kota Serang, mulai dari tes kesehatan, postur tubuh dan lain sebagainya,” katanya

“Dari 500 peserta, kita seleksi dan dididik, kemudian mengerucut 100 peserta yang terbaik, kemudian 10 besar kita kirim ke provinsi untuk bersaing dengan utusan 8 kabupaten kota lainnya. Alhamdulillah semua utusan Kota Serang lolos di provinsi. Kemudian yang sisa 90 orang kita seleksi pemantapan. Sebenarnya dari 100 orang itu memenuhi syarat semua, hanya yang ditetapkan 54 orang untuk Paskibraka penaikan dan penurunan bendera. Sementara untuk 45 orang berasal dari TNI Polri,” ujarnya.(Adv)