DBMSDA Segera Bangun Turap dan Pagar Embung Mustika

waktu baca 2 menit
Rabu, 20 Sep 2023 17:39 0 665 Redaksi

TIGARAKSA,- Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) segera melakukan pembangunan turap dan pagar embung Mustika, Kecamatan Tigaraksa. Realisasi proyek yang masuk di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) ini sekitar Rp 400.000.000

Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah Effendi mengatakan, pada tahun ini di APBD-P akan dilaksanakan pembangunan turap dan pagar embung Mustika, Kecamatan Tigaraksa dengan pagu anggaran Rp 400.000.000.

“Jadi nanti akan dilakukan pemasangan batu kali, pengecoran beton K-200 dan K-100, pekerjaan pembesian dan pembuatan pagar pengaman yang terbuat dari pipa galvanis,” ujar Iwan Firmansyah.

Pembangunan turab ini lanjut Iwan, karena ada beberapa titik kerusakan di bagian turab embung Mustika. Serta karena sekitar embung yang ramai aktifitas masyarakat, maka dibutuhkan pembangunan pagar pengaman, demi kenyamanan seluruh warga Mustika.

Pihaknya berharap dukungan dan keterlibatan masyarakat dalam menjaga fasilitas yang sudah dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang. Lantaran manfaat embung selain jadi tempat penampungan air selama musim hujan, juga saat musim kemarau airnya bisa menjadi stok air baku bagi masyarakat.

Selain itu, untuk mencegah datangnya banjir langganan di Desa Cibadak, Kecamatan Cikupa di setiap musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui DBMSDA juga berencana untuk membangun tandon baru di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada DBMSDA Kabupaten Tangerang, Dedi Sukardi mengatakan, bahwa salah satu faktor penyebab terjadinya banjir yang sering melanda wilayah Desa Cibadak, Kecamatan Cikupa itu, karena adanya luapan air sungai dan tabrakan arus air dari saluran rumah tangga.

Selain itu, di wilayah Desa Cibadak juga terdapat lahan yang berada dalam cekungan. Sehingga, seringkali menjadi titik langganan banjir di setiap tahunnya.

“Kondisi lahan itu berada dalam cekungan sehingga kerap jadi titik banjir. Dan lahan itu merupakan aset Pemda Kabupaten Tangerang, yang diperuntukan sebagi lokasi relokasi Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Cibadak,” kata Dedi Sukardi.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah tersebut, kata Dedi, Pemerintah Kabupaten Tangerang berencana untuk membuat tandon. Sehingga, ketika musim penghujan tiba, air tidak akan menggenang lahan tersebut.

“Jadi seharusnya kalau ada tandon memang bisa mengurangi permasalahan banjir dengan tertampungnya aliran air” ucapnya. (adv)

LAINNYA