Bank Muamalat dan Muamalat Institute Sukses Dukung Dai Muda Jatim

Ramzy
13 Okt 2023 14:43
4 menit membaca

SUARABANTENNEWS – PT Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute berkomitmen untuk mempromosikan pengetahuan agama Islam dan pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai Islam khususnya ekonomi islam dalam kehidupan sehari-hari.

Wujud nyata yang diberikan yaitu dukungannya untuk kegiatan Dai Muda Jawa Timur Competition yang diselenggarakan di Jatim Internasional Expo 5 Oktober 2023 lalu.

Bersama Suara Muslim Radio Network yang diadakan untuk memperingati Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Acara ini dihadiri oleh Direktur dari Salmi Halal Tour Jakarta Ibu Hj. Gita Indah Puspita, CEO Suara Muslim Bapak Irwitono, Direktur Griya Al Qur’an Ustadz Masruri, Direktur BMGQ Ustadz Hasan Muhammad, Ustadz Amir Faishol Fath, Ustadz Akbar Nazari Muhammad, Ustadz Marzuki Imron, Ustadz Carloz Abu Hamzah, Direktur Eksekutif Muamalat Institute Bapak Anton Hendrianto, Head of Digital Banking Bank Muamalat Bapak Dadang Rohandi dan Regional CEO – Plt. Jatim, Bali & Nusra Bank Muamalat Ibu Aufrieda Artsiana Dewi.

Muamalat Institute memahami pentingnya mendukung kegiatan yang mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang Islam dan mendorong pertumbuhan generasi muda yang memiliki pemahaman yang kuat tentang agama dan nilai-nilai moral sebagai cerminan dari sumpah pemuda.

Oleh karena itu, mendukung kompetisi Dai Muda Jawa Timur yang bertujuan untuk memunculkan bakat-bakat muda dalam menyampaikan pesan agama dengan baik dan benar.

Dai Muda Competition Jawa Timur mendapatkan antusiasme dari sebanyak 250 peserta dari siswa siswi SMA/MA sederajat, yang bersaing mendapatkan juara 1, 2 dan 3 dalam kompetisi pembuatan konten video Dai Muda Competition dengan mengusung dua tema yaitu Keteladanan Akhlak Nabi Muhammad SAW dan Fastabiqul Khairat melibatkan kecakapan berbicara, pemahaman agama, dan kemampuan berdakwah.

PT Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute juga menyumbangkan sumber daya dan dukungan untuk memastikan kesuksesan kompetisi ini. Dimana hadiah utamanya yaitu diundang kantor pusat Bank Muamalat yaitu ke Masjid Muamalat Tower, menjadi guest podcast Muamalat Institute, free training online senilai 500 ribu rupiah.

Anton Hendrianto, Ditektur Muamalat Institute menyatakan, hal ini merupakan bentuk kontribusi positif dari MI dalam upaya memperkuat dakwah Islam, khususnya melalui kompetisi Dai muda yang di gelar hari ini.

Acara ini bukan hanya sebuah kompetisi semata, melainkan sebuah wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi mereka dalam berdakwah, menyampaikan pesan-pesan Islami, serta menjembatani antara nilai-nilai agama dengan kehidupan sehari-hari yang semakin kompleks.

“Sebagai lembaga yang peduli terhadap perkembangan Islam dan memiliki misi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap prinsip-prinsip ekonomi dan keuangan Islam, kami merasa bahwa kompetisi seperti ini sangat relevan dan penting,” ujar Anton dalam keterangan tertulis, Jumat (13/10/2023).

“Umtuk mencetak generasi muda yang berwawasan islam untuk memegang peran penting dalam menjaga dan menyebarkan nilai-nilai Islam. Kami berkomitmen untuk mendukung program kompetisi Dai muda ini secara berkelanjutan setiap tahunnya.”

“Diharapkan melalui kompetisi ini, bertujuan untuk menjadikan Jawa Timur sebagai episentrum lahirnya Dai muda terbaik di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia,” jelas Anton.

Sementara, Regional CEO – Plt. Jatim, Bali & Nusra Bank Muamalat, Aufrieda Artsiana Dewi mengatakan, pihaknya ingin mengajak masyarakat Jawa Timur untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia perbankan.

“Dengan mengadopsi digitalisasi, kami tidak hanya meningkatkan kenyamanan, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan ekonomi Jawa Timur. Digitalisasi mendorong kewirausahaan, penciptaan lapangan kerja, dan inklusi keuangan,” ujar Dewi.

Ia melanjutkan, Bank Muamalat berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan digital, memperluas jaringan serta berkolaborasi dengan bisnis lokal dan startup untuk menciptakan ekosistem digital yang berkembang. Serta memastikan masyarakat dapat merasakan manfaat dari kemajuan teknologi ini, khususnya pembukaan rekening bank.

“Dalam upaya untuk memberikan layanan yang lebih mudah, cepat, dan aman, kami memperkenalkan layanan pembukaan rekening online melalui mobile banking Muamalat DIN (Digital Islamic Network). Bersama-sama, kita dapat membangun Jawa Timur yang lebih inklusif secara finansial dan maju secara teknologi, sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip ekonomi islam,” katanya.

Kedepan, katanya, PT Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah melalui program-program Link and Match Kampus dan Industri seperti Muamalat Enlightenment Campaign Program (MINTERIN), Muamalat Indonesia Kompeten (MIKO), Muamalat Institute Kuis Interaktif (MIKIR).(RIS)