Kunci Keberhasilan Lawan Covid-19: Tingkatkan Kesadaran Diri

Ramzy
30 Apr 2020 10:30
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Wakil Ketua I DPRD Kota Cilegon Sokhidin mengimbau masyarakat agar lebih sadar dan menyadarkan masyarakat lainnya terkait dengan persoalan Covid-19 serta bahu-membahu bersama pemerintah dalam memerangi pandemi virus korona.

Menurut Sokhidin, persoalan Covid-19 adalah masalah yang serius sehingga imbauan maupun intruksi pemerintah perlu diterapkan dengan penuh kesadaran diri, seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, hingga menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta diam di rumah saja jika tidak memiliki keperluan yang mendesak. Jika ini dapat diterapkan secara konsisten oleh masyarakat, maka pemerintah dalam memutus mata rantai persebaran Covid-19 akan segera berhasil. Namun sebaliknya, jika seruan di atas tidak diindahkan, maka akan lebih banyak lagi kasus positif. Terbukti, setelah sekian lama bertahan sebagai zona hijau, kini satu warga Kota Cilegon terkonfirmasi positif Covid-19 dan saat ini tengah dirawat di RSU Banten.

“Kunci keberhasilan melawan Covid-19 adalah meningkatkan kesadaran. Jadi, kepada masyarakat, terkait satu pasien positif terpapar Covid-19 agar saatnya menyadarkan masyarakat lainnya untuk mengindahkan instruksi dari pemerintah pusat maupun wali kota, juga maklumat kapolri dalam menjalankan sosial distancing, stay home, dan mengenakan masker, serta cuci tangan yang saya nilai masih sangat rendah di masyarakat kita,” kata Sokhidin, Kamis (30 April 2020).

Dia melanjutkan, selain meningkatkan kesadaran diri, implementasi rencana kerja Wali Kota Cilegon dengan unsur Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 harus selaras hingga tingkat bawah. Sayangnya, kata Sokhidin, saat ini instruksi dan imbauan tidak selaras dan tersumbat di tingkat bawah.

“Nah, ini terkadang yang membingungkan, Wali Kota sudah menerapkan langkah atau program dalam memutus mata rantai, sementara implementasi di tingkat bawah lambat dan tidak berjalan. Ini yang jadi persoalan,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Sokhidin, masyarakat diminta untuk bersama-sama lebih meningkatkan kesadarannya sekaligus menyadarkan masyarakat lainnya untuk turut mengindahkan imbuan/instruksi pemerintah pusat dan daerah agar persoalan Covid-19 ini dapat segera teratasi.

Ketua Komisi II asal Fraksi Gerindra Kota Cilegon Faturohmi mengatakan, dengan kekuatan politiknya, ia akan mendorong pemerintah untuk lebih serius lagi dalam menangani wabah pandemi ini.

“Intinya, Komisi II melalui pimpinan sudah meminta agar Pemkot, khususnya tim teknis penanganan Covid-19, lebih meningkatkan kewaspadaan lagi,” tutup Faturohmi. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan