banner 468x60 banner 468x60

136 PNS Kabupaten Tangerang Ikut Ujian Dinas dan UPKP Berbasis CAT

Ramzy
20 Okt 2023 16:08
3 menit membaca

SERANG (SBN) – Sebanyak 136 pegawai negeri sipil (PNS) Kabupaten Tangerang mengikuti Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) 2023 berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara. Kegiatan ini dilakukan untuk mengukur tingkat kemampuan serta sebagai persyaratan untuk kenaikan pangkat.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang menggelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) 2023 di Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai (UPSCPKP) ASN BKN di Kota Serang – Prov. Banten, Kamis-Jum’at, 19-20 Oktober 2023.

Ujian Dinas dilaksanakan bagi PNS yang berpangkat Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d yang telah memenuhi persyaratan untuk naik ke pangkat Penata Muda golongan ruang III/a. Sedangkan UPKP dilaksanakan bagi PNS yang telah memperoleh ijazah lebih tinggi dari jenjang pangkat dan golongan ruang sesuai jenjang pendidikan yang dimiliki sebelumnya untuk dapat disesuaikan pangkat dan golongan ruang dengan ijazah terakhir yang dimiliki.

Kepala BKPSDM Kabupaten Tangerang, Hendar Herawan memberikan sambutan berupa ungkapan terima kasih kepada pihak BKN dan memberikan ucapan selamat kepada para PNS yang mengikuti ujian.

“Kami, atas nama Pemerintah Kabupaten Tangerang mengucapkan terima kasih kepada Ibu Kepala Kantor Regional III BKN Bandung dan Kepala UPSCPKP ASN BKN Serang atas kerja sama dan kesempatan yang diberikan sehingga kami dapat melakukan ujian di sini sebelum padatnya agenda seleksi CASN nanti. Serta kepada seluruh PNS Peserta Ujian Dinas dan UPKP selamat mengikuti CAT dan dilanjutkan wawancara. Mudah-mudahan semuanya mendapatkan hasil yang maksimal dan lulus dalam ujian ini,” ujar Hendar.

Kepala Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian, Lia Rosalina, mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya dan kerja sama yang dilakukan untuk penyelenggaraan Ujian Dinas dan UPKP. Sebelumnya Lia telah menyampaikan kisi-kisi terkait materi ujian dalam acara Pembekalan Pembekalan Ujian Dinas Tk. I dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat, Jum’at (06/10).

“Ujian Dinas dan UPKP ini berupa tes berbasis daring dalam bentuk soal pilihan ganda dengan lima pilihan. Berjumlah 100 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit. Adapun materi Ujian Dinas berisi tentang: Pancasila, UUD 1945, Sejarah Indonesia, Bahasa Indonesia, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Peraturan Kepegawaian, KORPRI, Perkantoran, Rencana Strategis / Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab. Tangerang dan Perangkat Daerah Kab. Tangerang. Sedangkan untuk UPKP ditambah Pelayanan Publik, Good Governance, Kebijakan Publik, dan Bahasa Inggris. Jika benar maka per soal nilainya 5, jika salah 0, jadi Bapak/Ibu mohon agar dijawab semua, jangan sampai ada yang kosong,” ungkap Lia.

Salah seorang peserta, Ahmad Taufiq Jamaludin mengungkapkan terima kasih dan rasa syukur bisa diberikan kesempatan mengikuti Ujian Dinas tahun ini.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak baik BKN maupun BKPSDM atas kesempatan bagi saya untuk mengikuti ujian dinas tahun ini. Saya merasa soalnya sudah sangat baik ya, saya terkecoh 16 soal sehingga nilainya 420. Alhamdulillah semua lancar, wawancara juga lancar,” ungkap Taufiq.(rls)