Cegah Penyebaran Virus Korona, Salat Jumat di Masjid Raya Al-A’zhom Ditiadakan

Joe
27 Mar 2020 10:21
2 menit membaca

KOTA TANGERANG (SBN) — Guna mencegah penyebaran virus korona di Kota Tangerang, kini ibadah salat Jumat di Masjid Raya Al-A’zhom, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, ditiadakan.

Hal tersebut berdasarkan surat edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, Nomor : C47/XI-05/SR/III/2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Penyebaran Wabah Virus Korona.

Dalam surat edaran tersebut, Ketua MUI Kota Tangerang K.H. Edi Junaidi Nawawi mengatakan MUI Kota Tangerang mengimbau masyarakat agar tidak mendirikan salat Jumat terlebih dahulu selama merebaknya virus korona.

“Jadi, nanti digantikan dengan solat zuhur di rumahnya masing-masing sampai dengan keadaan dinyatakan sudah kondusif,” katanya, Jumat (27 Maret 2020).

Edi melanjutkan, masyarakat juga diimbau agar melakukan ibadah-ibadah sunah di rumahnya masing-masing dengan memperbanyak doa tolak bala, istigfar, sedekah, dan membaca Al-Qur’an serta qunut nazilah.

“MUI juga mengimbau agar masyarakat Kota Tangerang mematuhi imbauan dari pemerintah pusat maupun daerah tentang pencegahan penyebaran virus korona dengan mengutamakan kemaslahatan bersama untuk menghindari kumudaratan yang lebih besar serta menunda kegiatan-kegiatan yang berpotensi terkumpulnya massa dan membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkunganya,” ucapnya.

Edi menjelaskan dikeluarkannya surat edaran tersebut marupakan hasil rapat koordinasi berbagai unsur Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Tangerang, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tangerang, dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Al-A’zhom di Gedung MUI Kota Tangerang, pada Selasa, (24 Maret 2020) lalu. (Yadi/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan