Pemkot Tangerang Dorong Pengembangan Pesantren Sehat

Ramzy
26 Feb 2024 15:53
2 menit membaca

KOTA TANGERANG; Suarabantennews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen mendorong program Pengembangan Pesantren Sehat di Kota Tangerang. Salah satunya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang baru saja memberikan penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di berbagai pondok pesantren di Kota Tangerang.

Ketua Tim Promosi Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan dan Olahraga Dinkes Kota Tangerang Maheka menuturkan, program Pengembangan Pesantren Sehat tersebut juga berisi berbagai kegiatan yang secara khusus diberikan untuk menyasar para santri yang berusia remaja.

Seperti penyuluhan PHBS bekerja sama dengan Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS), Survei Mawas Diri (SMD), pengukuran kebugaran jasmani (beep test), serta pembentukan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren).

“Program ini dilakukan untuk meningkatkan upaya preventif, kuratif, dan rehabilitatif perilaku hidup sehat di berbagai pondok pesantren. Sudah berjalan sejak tahun lalu, khusus tahun ini kami menargetkan dapat terselenggara di 10 pondok pesantren di Kota Tangerang,” ujar Maheka, setelah mengisi penyuluhan di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Aziziyyah, Ciledug, Kota Tangerang, Senin 26 Februari 2024.

Tidak hanya itu, Dinkes Kota Tangerang melalui program ini juga mendorong pembentukan dan pengembangan Poskestren di Kota Tangerang. Terlebih, Poskestren memiliki manfaat yang sangat besar sebagai wadah para santri untuk memberdayakan kemandirian kesehatan di pondok pesantren masing-masing.

“Kami berterima kasih adanya program ini karena memberikan manfaat yang besar. Lewat program ini, kami mendapatkan pembinaan yang penting untuk meningkatkan upaya pengembangan kesehatan di lingkungan terdekat para santri,” tambah Pengurus PPTQ Aziziyyah Nur Hidayat.

Selain itu, Dinkes Kota Tangerang juga memberikan apresiasi kepada pondok pesantren yang telah mendukung kelancaran kolaborasi dalam meningkatkan kualitas kesehatan, khususnya di pondok pesantren yang tersebar di Kota Tangerang.

“Kami berharap setiap pondok pesantren dapat berkontribusi penuh dengan meningkatkan penyelenggaraan upaya kesehatan yang maksimal di lingkungan pondok pesantren masing-masing,” pungkas Maheka.(rls)