banner 468x60 banner 468x60

Meski Tengah Pandemi, Siswa di Kota Serang Tetap akan Ujian

Joe
19 Feb 2021 19:18
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Saat ini pandemi covid-19 kurang lebih sudah setahun ada di tanah air, bahkan kegiatan belajar mengajar di sekolahpun dialihkan ke pembelajaran daring. Ujian Nasional (UN)-pun saat ini ditiadakan, tetapi Pemerintah Kota Serang tetap akan melaksanakan ujian sekolah.

“Kalau UN ditiadakan. UN dan kesetaraan ditiadakan, tetapi pelaksanaan ujian sekolah diperkenankan. UN ditiadakan itu karena soalnya dibuat oleh pusat, siswa mengalami tekanan meskipun UN tidak menentukan kelulusan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Wasis Dewanto saat ditemui di Setda Kota Serang, Jumat (19/2/2021).

Dia mengungkapkan, semenjak menteri Nadiem Makariem memang UN tidak menentukan kelulusan. di 2020 juga UN ditiadakan,”Lalu bagaimana siswa itu memiliki sebuah upaya keras untuk tamat sekolah, yang dilakukan tetap siswa mengumpulkan porto polio, itu tugas atau nilai yang diperoleh,” katanya.

Pihaknya membuat setrategi, tetap akan menentukan standarisasi ujian sekokah, kemudian pihaknya membuat kisi-kisi dan kurikulumnya disederhanakan. Jadi tidak penuh seperti halnya di masa normal.

“Adapun barometernya harus tes tulis, metodenya daring. Kasian siswa kalau tidak ada ujian, nanti kurang pengalaman juga. Tetapi ujian sekolah tetap tidak menentukan kelulusan. Itu juga akan menjadi timbal balik ke kita agar dapat mempetakan kekurangan dan kelebihan siswa selama pembelajaraan di masa pandemi ini. Kalau yang menentukan kelulusan itu sekolah, tapi cenderung lulus, karena namanya juga di masa sulit,” katanya. (Hendra)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan