Meski Terkenal Kota Religius, Pemkot Serang Tidak Paksakan Seragam Sekolah

  • Whatsapp
SKB 3 Menteri, Seragam Sekolah, Kerudung untuk Nonmuslim, Nonmuslim Bebas Pakai Seragam, Serang Kota Religi, Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini, Berita Serang, Berita Serang Terbaru, Berita Serang Hari Ini: Meski Terkenal Kota Religius, Pemkot Serang Tidak Paksakan Seragam Sekolah
Wasis Dewanto, Kepala Dindikbud Kota Serang (Hendra/suarabantennews)

SERANG (SBN) — Mendikbud Nadiem Makarim, Mendagri Tito Karnavian, dan Menag Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait penggunaan seragam dan atribut di lingkungan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan pihaknya sudah membuat turunan SKB 3 Menteri tersebut untuk disampaikan ke sekolah-sekolah.

Read More

“SKB 3 Menteri mengatur tentang seragam sekolah bahwa sekolah tidak boleh mengeluarkan aturan berkaitan dengan kekhasan agama, suku, dan ras tertentu,” ucapnya saat ditemui di Setda Kota Serang, Kamis (18/2/2021).

Dia mengungkapkan bahwa di Kota Serang tidak ada yang punya aturan sekolah.  Jadi, kewajiban kita dari SKB 3 Menteri adalah mencabut peraturan sekolah yang mengatur kekhasan seperti itu.

“Tapi, karena Kota Serang kota yang religi. Jadi, wajar ketika muslimah mengenakan jilbab. Muslimah tidak ada larangan,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa jika muslimah tidak memakai kerudung pun tidak akan dipaksa. Dia membebaskannya karena itu hak masing-masing.

“Tetapi kita sudah membuat turunan yang mengatur pakaian seragam yang santun, tetapi tidak terikat kekhasan tertentu,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kota Serang Hasan Basri juga mendukung SKB 3 Menteri tersebut. Meski kewenangan memang diberikan kepada masing-masing pemerintah daerah dan masing-masing sekolah, kalau agama lain diharuskan memakai kerudung tentu tidak baik.

Politisi PKS ini juga mengatakan, meski Kota Serang adalah kota madani dan memiliki julukan Kota Sejuta Santri dan Seribu Ulama, tetapi tetap tidak memaksakan pelajar memakai seragam identitas tertentu.

“Jadi, seperti biasa saja. Kalau ada umat nonmuslim tidak memakai kerudung atau mau memakai kerudung, jangan dipermasalahkan,” katanya. (Hendra/Atm)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *