Ribuan Orang Mengikuti UNBK Paket C di Kabupaten Tangerang

Ramzy
15 Apr 2019 11:39
2 menit membaca

TANGERANG – 58 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) paket C. Ujian dilaksanakan secara serentak se-Indonesia mulai tanggal 12-16 April 2019.

Kepala PKBM Melati Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang Muhammad Ardani mengatakan, bahwa pelaksanaan UNBK di Kecamatan Tigaraksa berjalan cukup baik dan lancar. Pada awal pelaksanaan ujian listrik padam kurang lebih selama 15 menit. Setelah listrik menyala ujian langsung dilanjut kembali.

“Wajar saja karena hari pertama ujian yang sedikitnya butuh penyesuaian, tetapi secara keseluruhan ujian berjalan cukup lancar dan kondusif. Untuk jaringan komputer atau koneksi internet berjalan baik dan lancar,” ujarnya, Jum’at (12/4/2019).

Ardani menambahkan, peserta yang mengikuti ujian di Kabupaten Tangerang berkisar 5.000 peserta, akan tetapi di PKBM Melati berjumlah 258 peserta yang tersebar di SMK 4 Tangerang berjumlah 120 warga belajar, di SMAN 1 Tangerang berjumlah 120 warga belajar dan di SMK Al-Husna berjumlah 18 warga belajar.

“Total soal yang diberikan kepada warga belajar sebanyak 50 soal per-mata pelajaran dan soal dikerjakan dalam waktu dua jam. UNBK paket C ini terdiri dari tujuh mata pelajaran yaitu, Bahasa Indonesia, Matematika, Geografi, Ekonomi, PKN, Sosiologi, Geografi,” jelasnya.

Lebih lanjut Ardani, sebelum melaksanakan UNBK paket C, warga belajar dalam satu minggu mereka mengenyam pendidikan selama dua hari yakni hari Sabtu dan Minggu. Kegiatan belajar di Kabupaten Tangerang bertempat di Kecamatan Tigaraksa dan Cikupa. Kemudian dalam proses pembelajaran bekerjasama dengan PT Adis. Kelulusan ujian mata pelajaran berpatokan pada kehadiran saat ujian berlangsung.

“Kalau mereka datang yah lulus, walaupun nilainya kurang bagus, akan tetapi bagi warga belajar yang tidak datang yah tidak lulus,” kata Ardani.

Diketahui, panitia UNBK paket C berasal dari masing-masing PKBN, yang mana satu tempat terdiri dari tiga orang panitia, pihak sekolah sebagai fasilitator tempat dan teknisi, adapun pihak Dinas Pendidikan sebagai pengawas dan pemantau proses berjalan UNBK paket C. Lulusan Paket C banyak yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan ada juga yang langsung bekerja.(res)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan