Pengamat : Hendrar Prihadi Bisa Pengaruhi Konstelasi Pilgub Jateng

JAKARTA (SBN) — Direktur Eksekutif Diagram Politik Nastain Muhamad menyebutkan, mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjadi sosok yang bisa mempengaruhi konstelasi politik di Jawa Tengah saat perhelatan Pilgub 2024 mendatang.

Pernyataan Nastain tersebut menganalisa langkah Presiden Joko Widodo yang mengangkat Hendrar sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Penunjukan Hendrar Prihadi sebagai Kepala LKPP bisa pengaruhi konstelasi politik Pilgub Jateng 2024. Bisa saja Hendrar akan disiapkan untuk kontestasi Pilgub Jateng mendatang,” ujarnya, Rabu 12 Oktober 2022.

Sebelumnya, Hendrar menjabat sebagai Wali Kota Semarang selama dua periode, juga pernah menjabat Wakil Wali Kota Semarang. Jabatannya sebagai orang nomor satu di Kota Semarang berakhir pada 10 Oktober 2022.

Kemudian dihari terakhir masa jabatannya, Jokowi mengangkat kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut sebagai Kepala LKPP.

Nastain menduga, ditariknya Hendrar ke lingkaran pemerintahan pusat sebagai pertanda jika ia disiapkan untuk Pilgub Jateng 2024 mendatang.

“Sebab dengan posisi yang saat ini di tingkat pusat, memudahkan PDIP dan Hendrar menggalang dukungan,” terangnya.

Penunjukkan Hendrar sebagai Kepala LKPP juga selain mempengaruhi peta politik di Jateng, juga konstelasi politik di DKI Jakarta pada Pilgub 2024 mendatang.

“Situasi ini juga bisa menguatkan dugaan, jika Gibran, putra Presiden Jokowi belum disiapkan untuk Jateng, melainkan untuk di DKI Jakarta. Dengan komposisi itu, PDIP bisa targetkan kemenangan di Jateng sekaligus DKI Jakarta,” pungkasnya. (*)

Wartawan

Related posts