Kemenkominfo Luncurkan E-book untuk Mudik Aman Berkesan 2023

Ramzy
4 Apr 2023 13:41
3 menit membaca

JAKARTA (SBN) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan panduan perjalanan mudik melalui buku elektronik atau e-book, Mudik Aman Berkesan 2023. E-book ini memberikan tips mudik aman, nyaman dan penuh makna bagi yang hendak mudik.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Usman Kansong, mengatakan, hanya dengan meng-klik tautan s.id/mudiklebaran masyarakat akan disajikan berbagai informasi penting yang akan membuat perjalanan lancar, terukur dan aman.

“E-book mudik 2023 ini sesungguhnya melanjutkan kerja tim komunikasi publik mudik tahun sebelumnya untuk memberikan panduan kepada masyarakat. Agar ketika melakukan mudik, bisa dengan nyaman, aman dan berkesan,” ujarnya.

Panduan dan informasi e-book semakin penting karena diprediksi jumlah pemudik melonjak tajam dibanding tahun-tahun sebelumnya. Prediksi ini dikatakan Usman didorong oleh situasi pandemi COVID-19 yang semakin terkendali, sehingga tidak ada lagi pembatasan-pembatasan. Meskipun pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

“Untuk itu masyarakat perlu mendapat penjelasan. Tujuannya apa? Pemudik akan bisa menentukan, misalnya kapan dan melalui jalur mana saat akan mudik. Menghindari penumpukkan. Dalam buku ini ada berbagai informasi, misalnya lokasi pom bensin terdekat, rumah makan, posko kesehatan dan berbagai lokasi lainnya untuk beristrahat,” katanya.

Kelebihan lain adalah isi dan substansi buku yang terus ter-update. Selain itu peta lokasi kuliner juga tersaji di dalamnya. Atau cukup membuka tautan s.id/mudiklebaran pemudik dapat dengan mudah menentukan dimana akan beristirahat, sambil tentunya juga bisa menemukan lokasi kuliner yang memanjakan lidah, sebelum kemudian melanjutkan perjalanan.

“Buku ini adalah teman bacaan selama perjalanan, karena di dalamnya juga ada informasi terkait latar belakang sejarah dan berbagai hal menarik tentang tradisi mudik di Indonesia, pemudik yang menggunakan kendaraan listrik pun tidak perlu khawatir karena informasi keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) juga disajikan dalam buku elektronik Mudik Aman Berkesan 2023,” tuturnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Thonthowi Djauhari mengatakan, di saat terpisah buku e-book ini sangat bermanfaat dan membantu masyarakat untuk merencanakan mudik yang aman dan nyaman.

“Buku e-book ini menjadi panduan, baik yang akan mudik lewat darat, laut, maupun udara,” ujar Thonthowi Djauhari

Selain itu, bagi mereka yang hendak mudik menggunakan angkutan umum bahwa buku “Mudik Aman Berkesan 2023” mengulas secara detail penjelasan kelayakan bus yang akan ditumpangi, Informasi ini tentunya penting bagi pemudik karena terkait keselamatan selama perjalanan.

“Jadi bagi yang mau mudik, e-book ini layak koleksi karena ada referensi kuliner di jalur mudik juga,” tuturnya

Dia mengatakan, buku e-book ini mempunyai informasi yang sangat penting seperti nomor pusat krisis Kementerian Kesehatan, nomor mobil ambulance, pertamina delivery service, Direktorat Lalu Lintas Polri. Kemudian ada prediksi puncak arus mudik dan balik, jalur padat pemudik yang menggunakan roda dua maupun empat, jalur tol, informasi pemberlakuan pembatasan kendaraan atau rekayasa lalu lintas.

“Informasi ini tentu akan memudahkan masyarakat menentukan waktu untuk mudik atau balik nantinya. Lebih penting lagi adalah dalam buku terdapat informasi call center ketika pemudik kehabisan bahan bakar, disamping informasi lokasi SPKLU terdekat bagi pengguna kendaraan listrik,” ujar Tonthowi Djauhari

Kemudian Ada pula informasi lokasi rest area, cara mengakses program-program mudik gratis, posko mudik dan kesehatan serta nomor-nomor penting yang bisa dihubungi setiap saat.(Rls)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan