Gelar Inovasi Pelayanan Publik, Polda Banten Siap Naik Tipe

Ramzy
29 Okt 2018 18:44
2 menit membaca

SERANG — Kepolisian Daerah Banten siap ditingkatkan statusnya dari polda tipe B ke polda tipe A. Hal itu terlihat saat Polda Banten menggelar Inovasi Pelayanan Publik Bidang IT dalam rangka Studi Kelayakan dari Mabes Polri dan Kemenpan RB di Aula Polda Banten, Senin (29/10/18).

Kapolda Banten Brigadir Jenderal Teddy Minahasa mengaku optimis Polda Banten dapat ditingkatkan statusnya. Keoptimisan itu, kata Teddy, berdasarkan kesiapan Polda Banten dari segala aspek.

“Kekuatan Polda Banten, jumlah personel, sarana dan prasarana, beban tugas, dan sebagainya sudah 100 persen,” ujarnya

Kesiapan Polda Banten, kata Teddy, tidak hanya dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk peningkatan tipe. Kesiapan itu, lanjut dia, juga untuk menjamin rasa aman dan nyaman masyarakat.

“Serta untuk menjaga kepentingan dan untuk meningkatkan kepercayaan publik,” terangnya.

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB Rini Widyantini mengatakan, kedatangannya untuk melakukan validasi dan verifikasi  rencana kenaikan tipe Polda Banten dari B ke tipe A. Menurutnya, sudah banyak upaya yang dilakukan Polda Banten untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan mutu pelayanan.

“Sudah ada banyak perbaikan dan bahkan saya melihat, tata kelola SDM-nya pun sudah cukup baik,” kata Rini.

Rini menjelaskan, ada beberapa kriteria yang akan dinilai di antaranya, beban kerja, strategi media, dan sumber daya manusia yang ada di Polda Banten. Penilaian, kata Rini, ada yang dilaksanakan secara online sehingga transparan.

“Hasil penilaian baru dapat kami rilis pada pertengahan bulan November 2018. Semoga hasilnya seperti yang sama-sama kita harapkan,” tandasnya.

Untuk diketahui, gelaran itu memamerkan inovasi yang digagas Polda Banten dan polres jajaran. Inovasi itu di antaranya  Electronic Monitoring Anggaran Dana Desa (EM-ADD), Electronic Crminial Justice System (E-CJS), Electrobic Penegakkan Hukum Terpadu (E-Gakkumdu), Mobile Lantas (M-Lantas), Mobile Patroli Komando Sabhara (M-Patko Sabhara), dan aplikasi Banten Bersatu.

Penulis: Doni Romdoni

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan