Bertemakan Bela Negara, HUT Pramuka Ke-59 Tingkat Kabupaten Tangerang Diperingati di Tengah Pandemi

waktu baca 3 menit
Jumat, 28 Agu 2020 21:08 0 578 Ramzy

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Tangerang menggelar Upacara Hari Pramuka ke-59 tingkat Kabupaten Tangerang secara sederhana dengan mematuhi protokol Covid-19 di Halaman Kantor Kwarcab Kitri Bakti, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Jumat (28/8/20).

Gerakan Praja Muda Karana atau Pramuka Indonesia dibentuk pada 14 Agustus 1961 melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan tahun ini tema Hari Pramuka adalah ”Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”. Seluruh aktivitas dan kegiatan pramuka pada tahun 2020 adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19.

“Atas nama Pemerintah Daerah serta Selaku Pimpinan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, mengucapkan Selamat Hari Pramuka ke-59 kepada segenap keluarga Besar Gerakan Pramuka, khususnya di Kabupaten Tangerang,” kata Zaki.

Menurut Zaki, kita patut untuk bersyukur bahwa di tengah kondisi kebiasaan baru seperti sekarang ini, Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang tetap bisa eksis sebagai garda terdepan dalam upaya mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan.

“Saya berharap ke depan walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda kita semua, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang dapat tetap terus berkreasi dan berinovasi dalam upaya meningkatkan kualitasnya sebagai gugus depan, melakukan tugas pokok sebagai sarana pendidikan karakter daerah,” Ungkapnya.

Sementara itu, Soma Atmaja selaku Ketua Pelaksana HUT Pramuka Ke-59 mengungkapkan bahwa Wabah Covid-19 ini berdampak kepada beberapa aktivitas Kepramukaan di lingkungan Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang, yakni tidak dapat dilaksanakannya Program Kerja Hasil Rapat Kerja Cabang secara normal sesuai rencana.

“Untuk itu, Kwartir Cabang terus berinovasi dan beradaptasi dalam menjalankan Aktifitas Kegiatan Kepramukaan, seperti aktifitas kesekretariatan dan program-program yang masih dapat dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan,” ujar Soma.

Soma melanjutkan, adapun aktifitas atau kegiatan Kwartir Cabang Tahun 2020 antara lain

  1. Pembinaan Gugus Depan Unggul dan Pramuka Garuda,
  2. Gelang Ajar Pembina Virtual, dan
  3. Bakti Sosial

Di tempat yang sama Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid menambahkan, salah satu bentuk peran Pramuka adalah dengan ikut sertanya sejumlah anggota Pramuka menjadi Relawan Covid-19 di Rumah Singgah Karantina Anabatic Tangerang.

Adapun peran lain adalah pembagian masker kepada masyarakat oleh SBH Kabupaten Tangerang, membantu cek point di berbagai kecamatan oleh satuan karya Pramuka Bhayangkara, pembagian sembako di Pandeglang yang dilaksanakan hasil kerja sama Ikatan Alumni Kesehatan UI dengan SBH Cabang Kabupaten Tangerang, danmelakukan penyemprotan desinfektan di ruang-ruang publik bekerjasama dengan BPBD dan PMI Kabupaten Tangerang.

Sedangkan partisipasi tingkat nasional dan daerah adalah Gelang Ajar Pembina Virtual, Pitaran Pelatih Virtual, Hari Pramuka Tingkat Nasional dan Daerah secara virtual.

Untuk tanda penghargaan, Kwartir Cabang telah mengusulkan penghargaan bagi para pramuka dewasa yaitu penghargaan Lencana Pancawarsa yang ditujukan kepada Kwartir Daerah Banten dengan jumlah sebanyak 59 Orang.

Pada kesempatan ini pula disampaikan bahwa pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Cipta Karya telah membangun sekretariat kwartir ranting sebanyak 2 buah, yaitu Kwartir Ranting Cisoka dan Pakuhaji. Ini merupakan bukti dukungan Bupati Tangerang selaku Ketua Mabicab dalam meningkatkan pembinaan kepada generasi Muda.

“Dengan harapan, ke depannya seluruh kwartir ranting se-Kabupaten Tangerang bisa memiliki sekretariat demi mewujudkan Tangerang semakin gemilang,” kata Maesyal. (Hms/Drk)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

LAINNYA