Mendikbud Apresiasi Program GSM Kabupaten Tangerang

Ramzy
17 Mar 2019 13:50
2 menit membaca

TIGARAKSA – Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Efendy mengapresiasi program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang diinisiasi Pemkab Tangerang. Hal itu terungkap saat Muhadjir hadir pada kegiatan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan yang dihelat Pemkab Tangerang di Lapangan Upacara Maulana Yudha Negara, kawasan Puspemkab Tangerang, Sabtu (16/3/19).

Muhadjir menyampaikan, pendidikan menjadi sektor penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Pemerintah, kata dia, hadir dan menjamin setiap warga negara  untuk mendapatkan hak pendidikan yang layak.

“Karena dengan pendidikan seseorang dapat memperbaiki nasibnya. Dengan pendidikan suatu kelompok dapat memperbaiki nasib kelompoknya. Dan dengan pendidikan suatu bangsa dapat memberbaiki nasib bangsanya,” kata Muhadjir.

Dengan program GSM, lanjut Muhadjir, pendidikan di Kabupaten Tangerang menjadi lebih menyenangkan sehingga peserta didik dapat berperan aktif dan kreatif dalam membangun pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Tangerang.

Sedangkan Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mengatakan, program GSM merupakan salah satu program unggulan dari 15 program yang ada. Program GSM, kata ia, juga masuk ke dalam RPJMD Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2023.

Mad Romli berharap, program GSM dapat menjadi motivasi bagi warga pendidikam agar dapat lebih terampil dalam memadukan suasana belajar yang menyenangkan dengan proses pembelajaran yang efektif.

“Saya Berharap program GSM ini dapat mewujudkan kekuatan spiritual keagamaan yang tinggi, kecerdasan, pengendalian diri, kepribadian, dan akhlak yang baik serta keterampilan yang akan berguna baik bagi dirinya dan lingkungan sekitar,” ucap Mad romli

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Hadisa Mahsur menambahkan, GSM merupakan akar rumput yang berusaha mengembalikan ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu sekolah merupakan taman yang menyenangkan. GSM, lanjut dia, dimulai sejak Oktober 2018.

Hadisa menambahkan, gerakan ini sudah  dilaksanakan di 20 Sekolah Menengan Pertama (SMP) dan 50 Sekolah Dasar (SD).

“Hari ini ada 4000 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa SD, SMP dan SMA. Kembali kita sosialisasikan Gerakan Sekolah Menyenangkan di Kabupaten Tangerang agar Gerakan dapat membawa prestasi belajar bagi anak-anak di Kabupaten Tangerang,” tandasnya.  (ADVERTORIAL)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan