Gelar Seminar Hari Gizi Nasional, Dinkes Cilegon Tingkatkan Performa Melalui Pengaturan Gizi dan Gerak

Ramzy
21 Mar 2019 06:38
2 menit membaca

Salah seorang peserta seminar Hari Gizi Nasional di Kota Cilegon, fokus memperhatikan setiap materi yang disampaikan narasumber.

CILEGON – Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon menyelenggarakan seminar dalam rangka Hari Gizi Nasional 2019, bertempat di Aula Islamic Center, Rabu (20/3/2019).

Kegiatan bertema “Tingkatkan Performa Melalui Pengaturan Gizi dan Gerak” ini diikuti kurang lebih 150 peserta dari berbagai unsur Dinkes dan lintas sektor antara lain Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, DP3AKB, Dinas Pendidikan, Dispora, Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum dan Swasta, Perwakilan Guru SMP dan SMA/ SMK , Kecamatan, Kelurahan, PKK Kecamatan & Kota, Forum Kader Dan Kader Kecamatan, serta FOPKIA, dengan Narasumber dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes dari DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Arriadna mengatakan, tema yang diusung adalah penyakit tidak menular karena penyakit tersebut semakin meningkat.

“Kenapa kita mengambil tema seperti itu, karena kecenderungan penyakit tidak menular itu makin tinggi ya. Dan saya sampaikan juga bahwa penyakit stroke, gagal ginjal dan darah tinggi makin banyak, jantung makin banyak, nah itu semua adalah penyakit tidak menular yang bisa kita lakukan pencegahannya, dengan mengatur gaya hidup kita dengan perilaku hidup sehat,” jelasnya.

Sementara itu, para peserta yang hadir juga mengikuti tes gula darah dan mengikuti uji kesehatan dengan cara melatih otot dari pemateri.

Dalam kesempatan yang sama, Evelyn Yolanda Kepala Bidang Kesehatan dan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Cilegon menyatakan, melalui seminar tersebut diharap dapat tercipta sinergi antara gizi dan gerak, juga bertujuan memberikan banyak informasi tentang kesehatan, dan pentingnya pola gizi seimbang.

” Ya, ini dalam rangka Hari Gizi Nasional kami mengadakan seminar gizi yang berjudul tingkatkan performa melalui gizi dan gerak. Sehat belum tentu bugar, tapi bugar sudah tentu sehat. Tadi ibu narasumber sudah menjelaskan vitamin – vitamin apa saja dan unsur kimia apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh,” terangnya.

Dinas Kesehatan Kota Cilegon juga mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan cara pola makan, berolah raga, supaya nantinya penyakit tersebut dapat dicegah.(wan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan