Dinkes Verifikasi kesehatan 779 Calon Haji Asal Kota Cilegon

Ramzy
26 Mar 2019 17:21
2 menit membaca

CILEGON-Dinas kesehatan Kota Cilegon melakukan pemeriksanaan kesehatan terhadap para calon jemaah haji setempat yang berjumlah 779 orang. Ini merupakan tahap kedua, yang sebelumnya sudah dilakukan pemeriksaan tahap pertama pada akhir tahun lalu. Pemeriksaan tersebut bertempat di Puskesmas lama Ciwandan-Citangkil, Selasa (26/3/2019).

Pemeriksaan yang dilakukan pada tahap dua ini rencananya akan berjalan selama tiga hari berturut-turut. Pada hari ini adalah pemeriksaan hari ke dua yang berjumlah 252 calon jemaah haji dan pemeriksaan terakhir pada hari Rabu (27/3/2019) besok.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, drg. Niniek Hardini mengatakan, pemeriksaan tersebut merupakan tahap ke verifikasi calon jemaah haji tersebut.

“Ini merupakan tahap verifikasi atau ke II, yang sebelumnya tahap I sudah dilakukan di Puskesmas pada akhir tahun lalu,” ucapnya.

Naniek mengharapkan untuk pemerikasaan saat ini sudah ada perubahan pembinaan. Pasalnya ini merupakan verifikasi para calon haji tersebut, bahwa mereka sehat atau tidak.

“Sekarang ini tahap verifikasi yang dilakukan untuk menyatakan sehat apa tidak calhaj tersebut?. Misalkan pada pemeriksaan pertama dinyatakan hipertensi, kemudian kita lakukan pembinaan selama 6 bulan di rujuk ke dokter, pola makan dirubah, pola hidup dijaga. Nah sekarang kita lakukan pemeriksaan ke dua ternyata normal, sehingga dinyatakan sehat dan layak untuk berangkat,” kata Niniek.

Sementara itu, Maulana salah satu calon jemaah haji asal Grogol menyatakan telah dilakukan pemeriksaan kesehatan. Ia juga menuturkan akan ada satu tahap verifikasi lagi untuk memastikan dirinya dinyatakan lolos atau tidak untuk mengikuti keberangkatan haji.

“Belum, setelah ini akan ada satu tahap lagi verifikasi, nah setelah itu baru di nyatakan lolos atau tidak,” tuturnya.(wan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan