Pancasila Mulai Ditinggalkan Generasi Milenial, Begini Kata Akademisi

  • Whatsapp
PWI-KAB

TANGERANG – Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah bangsa Indonesia semakin hari semakin pudar di era milenial saat ini. Generasi milenial ataupun kaum muda yang diharapkan sebagai tonggak penerus kepemimpinan semakin tidak perduli keberadaannya.

“Berbagai hal yang beredar di media sosial dan internet, banyak informasi dari berbagai perspektif dan ideologi, bahkan menjadi tidak terkendali terkadang menyebabkan generasi milenial terpengaruh dan kurang memperhatikan nilai-nilai Pancasila yang sebenarnya bisa menjadi filter dalam menerima beragam informasi,” ungkap Auliya, Akademisi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Tangerang & Peneliti Kolegium Jurist Institute, saat ditemui di kantornya, Jum’at (12/10/2018).

Menurutnya, generasi milenial mahir dalam teknologi dengan berbagai perkembangannya. Kemudahan akses informasi harus digunakan dengan sebaik mungkin, proses mengenal Pancasila tentu saja berbeda dengan generasi sebelumnya, nilai-nilai Pancasila bisa dihadirkan dengan menggunakan berbagai akses teknologi yang ada.

“Tentu saja generasi milenial harus diberikan semangat dan kesadaran bersama untuk mengkaji, meresapi, menghayati, dan memahami secara mendalam. Tidak hanya sekedar dipelajari di sekolah dan kampus sehingga dapat diaktualisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Selain itu, juga diutarakan bahwa generasi milenial ingin mengetahui bagaimana praktek ber-Pancasila, bukan hanya jargon, sehingga bisa benar-benar diresapi. Jika sekedar jargon, generasi milenial sulit untuk meresapi Pancasila.

“Nilai-nilai Pancasila harus dihadirkan dalam aksi nyata sehingga generasi milenial dapat melihat langsung Pancasila, sehingga bisa menghasilkan manusia yang menghadirkan sinar Ketuhanan, memanusiakan manusia, cinta persatuan, menjunjung tinggi prinsip permusyawatan dan berkeadilan,” terang pria bertubuh besar ini.

Ditambahkannya, pendidikan merupakan bagian penting dalam penanaman nilai-nilai Pancasila, pendidikan tidak hanya menghadirkan kekuatan keilmuan tetapi juga menghadirkan pendidikan karakter sehingga generasi milenial mendapatkan pemahaman yang utuh.

“Saya rasa nilai-nilai pendidikan keilmuan dan karakter juga sangat penting dan harus diperkuat,” tutupnya.(gus)

Wartawan

BANK BANTEN

Related posts

PWI-KAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *