Kota Tangerang Akan Terapkan Sistem E-Rapor, Dinas Pendidikan Gencar Sosialisasi

waktu baca 2 menit
Jumat, 6 Des 2019 11:16 0 541 Ramzy

TANGERANG (SBN) – Pemerintah Kota Tangerang akan menerapkan rapor berbasis elektronik atau E-Rapor untuk para pelajar di sekolah di kota itu mulai tahun ajaran 2020/2021. E-Raport akan membuat semua nilai siswa bisa diakses bukan hanya oleh guru dan siswa.

Maka itu, Dinas Pendidikan Kota Tangerang terus melakukan sosialisasi di setiap sekolah. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara bertahap selama tiga hari dari tanggal 5 sampai 7 Desember 2019.

Kepala bidang (Kabid) Pembinaan SD pada Dinas Pendidikan Totong Suwardi mengatakan, membuat E-Rapor dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan dengan melibatkan seluruh aspek. Kepala sekolah, misalnya, bisa ikut memantau tingkat kesulitan para siswa dan memetakan kemampuan di setiap mata pelajaran sehingga bisa memastikan guru mengajar lebih maksimal.

“Penerapan E-Rapor tersebut saat ini baru dilaksanakan pelatihan dan nanti setelah pelatihan pihak sekolah akan mencoba di sekolahnya masing-masing,” kata Totong, Jumat, 6 Desember 2019.

Dinas Pendidikan Kota Tangerang tengah gencar melakukan sosialisasi rencana rapor elektronik. Tahun ini disebutkannya masih proses pengenalan dan bimbingan sampai semuanya siap.

“Mudah-mudahan dalam dua minggu ini pihak sekolah sudah bisa memahami dan bisa memakai aplikasi E-Rapor ini, agar orang tua siswa sudah bisa melihat rapor secara online di aplikasi,” ucapnya.

Sementera itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati Yulia mengatakan, orang tua nantinya tidak berpatokan pada hasil ujian yang diperoleh anaknya. Tapi juga melihat proses menuju meraih nilai ujian akhir.

“Semoga aplikasi E-Rapor ini bisa segera diterapkan agar bisa menunjang informasi pelayanan pendidikan kepada masyarakat, sehingga orang tua siswa bisa melihat hasil rapor anaknya lewat aplikasi android tidak harus nunggu hardcopynya saja,” tandasnya.(Yadi/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

LAINNYA