Tangsel akan Buang Sampah 400 Ton per Hari ke TPA Cilowong Serang

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Terbaru, Berita Banten Hari Ini, Berita Serang, Berita Serang Terbaru, Berita Serang Hari Ini: Tangsel akan Buang Sampah 400 Ton per Hari ke TPA Cilowong Serang
Kepala DLH Kota Serang Ipiyanto (Hendra/Suarabantennews)

SERANG (SBN) — Setelah melalui proses panjang, bahkan sempat terjadi penolakan baik dari warga hingga aktivis lingkungan, Perjanjian kerja sama mengenai pembuangan sampah antara Pemkot Serang dan Tangerang Selatan (Tangsel) akhirnya disepakati oleh kedua pihak.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di Balai Kota Tangerang Selatan pada Senin kemarin (27/4/2021). Hadir Wali Kota Serang Syafrudin dan Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. Hal demikian dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto.

Read More

“Sudah, untuk kerja sama tiga tahun, insya Allah mulai Juni atau Juli, karena saat ini Pemkot sedang mempersiapkan fasilitas TPA Cilowong yang belum memadai. Pemkot juga menunggu pemulihan sistem keuangan dari Simral ke SIPD,” kata Ipi saat dikonfirmasi, Selasa (28/4/2021).

Ipiyanto menambahkan, untuk setiap ton sampah dari Tangsel, Pemkot Serang mendapatkan retribusi Rp175 ribu per tonnya. Setiap hari, maksimal sampah yang masuk ke TPSA Cilowong adalah 400 ton.

“Perjanjiannya 3 tahun, dalam setiap satu tahun kita lakukan evaluasi. Contoh, kalau retribusi itu dasarnya adalah progress, artinya seandainya dia mengirimkannya kurang terus, itu yang kita hitung,” jelasnya.

Ipiyanto sendiri menganggap bahwa kerja sama ini bisa jadi solusi untuk TPA Cilowong. Kota Serang, katanya mendapatkan banyak keuntungan dengan kerja sama pembuangan sampah. “TPA sendiri sebelum bulan Juni-Juli akan dilakukan pembenahan,” ungkapnya. (Hendra)

Wartawan

Related posts