HPN 2022, Wali Kota Serang Minta Kepala OPD Tidak Sulit Dikonfirmasi

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Hari Ini, Berita Banten Terbaru, Serang, Serang Hari Ini, Serang Terbaru, Peristiwa, Peristiwa Hari Ini, Peristiwa Terbaru, Berita Viral, Berita Viral Hari Ini, Berita Viral Terbaru: HPN 2022, Wali Kota Serang Minta Kepala OPD Tidak Sulit Dikonfirmasi

SERANG(SBN) — Pokja Wartawan Kota Serang (PWKS) menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN) sebagai bentuk refleksi peran pers di era kemajuan digital.

Para wartawan berkomitmen untuk gotong royong melawan hoaks yang kerap tersebar di media sosial.

Read More

Acara itu dirangkai dengan tali kasih terhadap anggota keluarga wartawan yang telah ditinggalkan.

Selain itu, PWKS juga menggelar lomba menulis dan videografi kategori masyarakat umum sebagai aspirasi untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.

“Kita menggelar lomba menulis dan videografi. Ada 2 pemenang lomba menulis. Kita juga ada tali kasih kepada teman wartawan yang telah mendahului meninggalkan kami, ini sebagai penghormatan kami,” kata Ketua Pelaksana HPN, Mamo Erfanto, Rabu (9/2/2022).

Selain itu, lanjut Mamo, PWKS juga memberikan cinderamata terhadap mitra kerja dari eksekutif dan legislatif yang dinilai informatif.

Hal sebagai bentuk penghormatan atas keterbukaan informasi tanpa batas waktu saat dikonfirmasi wartawan.

“Penghargaan yang diberikan bukan hanya mitra, tapi turun rembug keterbukaan publik, konfirmasi yang kerap kita berikan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua PWKS M. Tohir menambahkan, selama dua tahun lebih wilayah Kota Serang dilanda pandemi, berdampak pada pola kerja pers.

Tidak jarang para narasumber sulit ditemui untuk dikonfirmasi, namun pejabat di lingkungan Pemkot Serang masih mudah dikonfirmasi lewat telepon seluler.

Bahkan, terdapat sejumlah pejabat yang masih mau menerima konfirmasi dari wartawan meski sudah malam atau lewat jam kerja pemerintahan.

“Pers pilar keempat dalam demokrasi. Selama 2 tahun ke belakang, aktivitas kami kesulitan bertemu, tapi para OPD mudah dikonfirmasi, ini sangat memudahkan kerja-kerja kami,” ungkapnya.

Di sisi lain, Tohir juga mengajak seleruh elemen untuk melawan hoax atau berita bohong. Apalagi dalam kemajuan teknologi, kerap tersebar berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Karena hoax adalah musuh kita bersama. Hoax tidak bisa memutuskan sesuatu hal yang benar. Kami mengajak semuanya untuk melawan hoax,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Serang, Syafrudin mengapresiasi kegiatan HPN 2022 yang digagas PWKS.

Selama dirinya menjabat sebagai Wali Kota Serang, peran pers sangat membantu Pemkot Serang dalam mengontrol pembangunan.

“Kami bahagia dengan adanya PWKS, selama kepemimpinan kami  banyak masukan sebagai kritik, sebagai koreksi Pemkot agar dilengkapi,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya mengintruksikan kepada para Kepala OPD agar tidak tertutup dengan keberadaan pers.

“Saya mengajak kepada kepala OPD agar terbuka untuk wartawan, saya di whatsapp malam-malam masih jawab. Apa yang diperbuat wartawan positif, untuk perbaikan, justru sosial kontrol,” tegasnya.

Sebab ditarik dari sejarahnya, pers memiliki peran penting dalam kemerdekaan.

“Peran serta wartawan dalam memerdekaan masyarakat Indonesia, bagaimana memberikan informasi ke masyarakat, alhamdulah ada wartawan mengabarkab kemerdekaan ini tersiar bahwa 1945 tercetus,” ucapnya.

Namun saat ini, kabar bohong atau hoax harus diantisipasi agar tidak menyesatkan publik.

“Yang kita antisipasi ini harus melawan hoax. Wartawan tidak ada dendam pribadi, harus independen, progresif, insya allah semuanya baik,” terangnya.

Perlu diketahui, acara tersebut terselenggara berkat kerja sama dengan Mayora, Pemkot Serang, Sekretariat DPRD Kota Serang, Polda Banten, Korem 0604, Bank BJB, Bank Banten.

Wartawan

Related posts