Terhimpun 200 Donor Plasma Konvalesen di Tangsel

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Tangsel Terbaru, Berita Tangsel Hari ini, Berita Covid-19: Terhimpun 200 Donor Plasma Konvalesen di Tangsel
Ilustrasi terapi plasma konvalesen (Foto: klikdokter.com)

TANGSEL (SBN) — Sebanyak 200 donor plasma konvalesen terhimpun di Tangsel (Kota Tangerang Selatan). Program donasi plasma konvalesen ini diharapkan bisa membantu masyarakat Kota Tangerang Selatan yang tengah berjuang melawan covid-19.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menuturkan, Pemkot Tangsel tengah menggalakkan donasi plasma konvalesen sebagaimana diinstruksikan Presiden. Saat ini telah terbentuk alumni Rumah Lawan Covid-19 bagi pasien yang dinyatakan sembuh dari covid-19.

“Dari 335 calon donor plasma konvalesen yang diseleksi terhimpun sekitar 200 orang,” ungkapnya, Selasa, 19 Januari 2021.

Ia menuturkan, gerakan donasi plasma konvalesen di Kota Tangerang Selatan dipermudah dengan terbentuknya alumni Rumah Lawan Covid-19. Kata Benyamin, plasma konvalesen diberikan kepada pasien covid-19 yang berstatus ringan maupun berat.

“Hingga saat ini penambahan kasus per hari sekitar 22 orang. Pasien sembuh mencapai 3.524 orang dan yang meninggal ada 240 orang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, dari total 1.753 pasien yang pernah menjalani perawatan di Rumah Lawan Covid-19 terdapat 1.457 pasien yang sembuh dan sisanya dirujuk ke berbagai rumah sakit umum maupun swasta. Sekarang di Rumah Lawan Covid-19 sudah ada 117 orang yang dirawat dan Pemkot Tangsel tengah mempersiapkan penambahan 150 kamar untuk perawatan pasien OTG.

“Rumah Sakit Pakulonan itu diperuntukkan bagi pasien dengan gejala ringan dan sedang. Tenaga kesehatan sudah siap, tinggal fasilitas kesehatan masih ada beberapa yang harus dilengkapi,” tutupnya. (Restu/Atm)

Wartawan

Related posts