Isolasi Mandiri Jadi Alternatif, Benyamin Minta Peran Aktif Satgas di Tingkat Bawah

  • Whatsapp

TANGSEL (SBN) — Seluruh rumah sakit baik negeri maupun swasta di Kota Tangerang Selatan penuh. Akhirnya, isolasi mandiri menjadi alternatif utama yang harus dijalani oleh para pasien covid-19. Pemkot Tangsel meminta peran aktif satgas di tingkat bawah agar menerapkan SOP isolasi mandiri sehingga berkualitas.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengatakan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali menghasilkan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan sudah mencapai 78 persen. Tentunya, kata dia, hal itu masih belum mencapai target yang dicanangkan pada minggu kemarin sebesar 82 persen.

“Sehingga masih ada upaya yang dilakukan secara intens,” ujarnya, Minggu 24 Januari 2021.

Ia menjelaskan, berkenaan dengan hunian pasien covid-19 di Kota Tangerang Selatan sudah mencapai 100 persen. Diantaranya, kata dia, pasien covid-19 di 14 rumah sakit swasta dan satu RSU Kota Tangerang Selatan sudah penuh. Kemudian, lanjutnya, untuk kapasitas ruang isolasi pun sudah mencapai 93 persen.

“Kita berharap semoga masyarakat sehat dan tidak ada yang sakit lagi,” ungkapnya.

Atas kondisi ini, kata Benyamin, alternatif yang dilakukan yakni meminta masyarakat yang terpapar covid-19 untuk menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Disisi lain, ia juga khawatir akan munculnya kluster keluarga apabila pasien covid-19 menjalani isolasi di rumah masing-masing.

“Kluster keluarga ini adalah penularan yang tertinggi di Tangsel,” jelasnya.

Pihaknya pun telah menerbitkan sebuah arahan atau SOP isolasi mandiri yang berkualitas. Persoalannya, adalah bagaimana upaya pengawasan oleh satgas yang berada di tingkat kelurahan hingga RT untuk memantau warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Pertama yaitu komunikasi dengan puskesmas tentunya harus lancar, kedua yaitu lingkungan setempat untuk suplai makanan itu juga harus dijamin oleh satuan tugas di tingkat bawah.

“Kami kira ini yang harus lebih ditingkatkan ke depannya,” ungkap Walikota Tangerang Selatan terlihat ini.

Ia pun tidak mengharapkan, dengan adanya isolasi mandiri yang justru kondisi pasien malah menjadi parah dan menimbulkan penularan baru di tingkat keluarga. Perlunya upaya serius yang dilakukan oleh tim satgas covid-19 di tingkat bawah.

“Itu yang sangat penting. Sambil kita tugaskan puskesmas untuk men-tracing. Hari ke hari harus diikuti perkembangannya,” ungkap Benyamin. (Restu/Atm).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *