Upaya Tingkatkan Partisipasi pemilu 2019, Kesbangpol Gelar Pendidikan Etika Politik

Ramzy
12 Mar 2019 17:42
2 menit membaca

CILEGON – Guna meningkatkan partisipasi pemilu tahun 2019 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon gelar pendidikan etika politik di aula DPRD kota cilegon, Selasa (12/3/19).

Kegiatan pendidikan etika politik yang di selenggarakan Kesbangpol Kota Cilegon tersebut dihadiri Kasubdit pendidikan politik pada Kementerian Dalam Negeri, perwakilan Kejari Cilegon, perwakilan Polres Cilegon serta para mahasiswa selaku pemilih pemula.

Cahyo Ariawan selaku Kasubdit pendidikan politik pada Kementerian Dalam Negeri mengatakan, sangat apresiasi dengan kegiatan tersebut dikarenakan sebentar lagi masyarakat Indonesia akan mengikuti pesta demokrasi atau pemilu serentak 2019 ini.

“Saya mengapresiasi kegiatan pendidikan politik ini, pertama kita berupaya untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat terutama bagi kaum muda untuk mendorong partisipatif di pemilu 2019 ini,” ujar Cahyo kepada Suarabantennews.com usai kegiatan tersebut.

Ia menambahkan, bahwa pemilu kali ini serentak antara Pileg dan Pilpres, dan diharapkan masyarakat mengerti dan memahami aturan yang ada.

“Harapannya mereka mengerti dan memahami bagaimana mekanisme atau aturan-aturan apa saja yang tercantum dalam UUD No 7 Tahun 2017 tentang pemilu serentak,” tandasnya.

Sementara itu, Sakafa Guraba salah satu narasumber dari perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Cilegon berpesan, bagaimana cara menangkal fenomena hoax pada saat ini.

“Karena rata-rata mereka mahasiswa tentu kita sampaikan bagaimana budaya politik yang baik. Tentunya budaya politik yang baik adalah bagaimana menyikapi fenomena politik selama ini, kan banyak berita-barita hoax, tentu kita harus memverifikasi setiap ada berita-berita yang masuk sebagai calon pemilih seperti itukan,” jelasnya.(wan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan