MUI Banten Imbau Masyarakat dari Zona Merah Corona Jangan Mudik

Ramzy
13 Apr 2020 18:47
1 menit membaca

SERANG (SBN) — Perayaan Hari Raya Idhul Fitri banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk melalukan silaturahmi ke kampung halaman atau mudik. Namun hal tersebut kini menjadi kekhawatiran, pasalnya saat ini dunia dan tanah air tengah dilanda pandemi virus corona.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten KH AM Romly menghimbau, agar masyarakat yang berada di zona merah seperti Jakarta agar mengurungkan niatnya untuk mudik.

“Saya himbau yanga ada di zona merah corona jangan mudik, karena kalau mudik itu kemudian membawa penyakit, bukan malah menghibur orang tua atau keluarganya. Tetapi malah bawa penyakit itu hukumnya haram,” ucapnya, Senin, 13 April 2020.

Meskipun maksudnya ingin mengembirakan keluarga di kampung, tetapi dengan situasi sekarang ini lebih baik mengurungkan niat untuk mudik.

“Sekalipun niatnya baik, tetapi ternyata pada akhirnya membawa penderitaan dan merugikan orang kampung, itulah yang haram. Saat inikan bisa video call. kita harus menjaga jangan sampai kita membawa penyakit ke kampung,” ujarnya.

Menurutnya, kalau memaksakan pulang kampung, bukannya untuk silaturahmi malah justru nanti akan menimbulkan saling curiga di tengah masyarakat.(Hendra/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan