Kemandirian Pangan Butuh Komitmen Bersama

  • Whatsapp

BANTEN; SBN — Komitmen dan kerja sama yang kuat dari seluruh steakholder sangat dibutuhkan dalam membangun kemandirian pangan di sebuah daerah.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Banten, Muflikhah saat memberikan arahan pada acara Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Banten di Aula Dinas Ketahanan Pangan KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (22/11)

“Untuk membangun kemandirian dan ketahanan pangan, jelas seluruh steakholder harus berperan. Tidak bisa sendiri-sendiri. Misalnya hanya mengandalkan Dinas Ketahanan Pangan saja. Namun seluruh OPD harus terlibat. Misalnya Dinas PU terlibat dalam pembangunan akses jalan untuk mendukung sarana jalan yang nantinya bisa dijadikan akses ekonomi. Dan OPD lain yang terkait,” ungkap politisi senior PPP Banten ini.

Kata dia, eksekutif dan legislatif juga harus memikirkan bagaimana lahan pertanian yang selama ini menjadi andalan dalam program ketahanan pangan, tidak terganggu oleh pembangunan yang lain.

“Harus ada regulasi yang bisa menjadi benteng agar lahan produktif tidak berkurang. Bahkan sebisa mungkin harus membuka atau menambah lahan pertanian. Artinya, harus ada kebijakan pemerintah yang mendukung ketahanan pangan dan meminimalisir permasalahan atau kerawanan pangan di Provinsi Banten,” pungkasnya.(ruko)

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *