Airin Minta Retribusi Parkir Kota Tangsel Dimaksimalkan

Redaksi
14 Sep 2018 00:03
2 menit membaca
TANGERANG SELATAN; SBN — Pajak dan retribusi di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dinilai belum maksimal. Padahal, pajak dan retribusi merupakan salah satu potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu disampaikan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany usai membuka Bimtek Pengelolaan Parkir pada Kamis, (13/9).

“Pajak parkir merupakan salah satu potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tangsel, baik pajak maupun retribusi. 70 persen wilayahnya perumahan, potensi PAD didapat dari bidang perdagangan dan jasa, untuk itu pendapatan retribusi parkir harus ditingkatkan,” katanya.

Airin menjelaskan, potensi PAD untuk retribusi parkir belum tergali maksimal. Masa retribusi pemakaman lebih besar dari parkir, logikanya tidak masuk akal. Sekarang kita bisa lihat berapa banyak yang meninggal dunia, dan beberapa banyak perputaran parkir di Tangsel, apakah ini masuk akal,” katanya.

Untuk itu, Airin mendorong Dinas Perhubungan untuk mengejar target retribusi tersebut. “Kita beli pelayanan yang baik, baru kita pungut, dan kita dorong untuk service excellentnya agar retribusi parkir ini meningkat,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Angkutan pada Dishub Kota Tangsel Ponco Budi Santoso mengungkapkan, untuk retribusi parkir itu dipisah, antara retribusi sewa lahan dan retribusi tepi jalan umum.

Kita gak tahu berapa besar retribusi makam, namun kalau retribusi kita digabung cukup besar, karena untuk retribusi sewa lahan saja mencapai Rp 2,7 miliar dan retribusi tepi jalan sebesar Rp 650 juta. Permasalahan sekarang kalau tepi jalan umum pelayanannya harus ditingkatkan, apakah harus diasuransikan dan yang bayar juru parkir siapa dan fasilitasnya apa,” terangnya.

Sementara, sambung Ponco, target retribusi parkir baru mencapai 50 persen. Kita sudah menganggarkan sebesar Rp 150 juta untuk pengelolaan 30 titik parkir, langkah kita mencoba memberikan fasilitas terlebih dahulu untuk meningkatkan retribusi ini,” tandasnya.(cuy/net)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan