Hari Bumi 2019, Selamatkan Sungai Cisadane dari Kerusakan Masa Mendatang

Ramzy
23 Apr 2019 16:57
2 menit membaca

TANGERANG – Dalam rangka perigatan hari bumi 2019 di Kota Tangerang dengan tema selamatkan sungai cisadane dari kerusakan untuk masa kini & masa mendatang, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang bersama Aliansi Air DAS Cisadane, Dinas Pekerjaan Umum Tangerang, Dinas Perhuhungan Kota Tangerang, BPBD Tangerang, Clean The City Tangerang, Komunitas Earth Hour, PRAMUKA, Kehatilab Indonesia, PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, PT. Yuassa Battery Indonesia, dan RS. Awal Bross mengadakan aksi pembersihan dan pemantauan kualitas air sungai cisadane.

Sebanyak 6 buah perahu beserta jaring sampah diturunkan di Taman Dayung sebagai titik awal kegiatan. Hasilnya kurang lebih ratusan sampah domestik berhasil diangkat dari sungai cisadane.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Engkos Djarkasih mengatakan, peringatan hari bumi tahun 2019 Kota Tangerang, DLH bekerja sama dengan para pihak melaksanakan pembersihan sungai untuk menjaga Sungai Cisadane.

“Selain itu, deklarasi SABATURI (Sadar Bawa Tumbler Sendiri) juga akan dilaksanakan besok bersama Walikota Tangerang, bertujuan untuk mengurangi sampah plastik dan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Yusrif Muhasim, Ketua Aliansi Air DAS Cisadane menambahkan, AADC yang merupakan gabungan dari unsur pemerintah, swasta dan masyarakat yang berfokus pada perlindungan sungai cisadane menargetkan tiga pilar kegiatan AADC yaitu edukasi lingkungan, sanitasi (toilet, waste trap & ipal komunal) serta reforestasi (hulu & urban farming) terlaksana di tahun 2019 ini khususnya di Kota Tangerang.

“Tata cara pengambilan sample kimia dan biologi air sungai cisadane untuk penelitian kualitas air dilakukan oleh Kehatilab Indonesia. Seperti diketahui hasil penelitian sebelumnya oleh SEMAC JICA, limbah sungai cisadane terdiri dari 84 persen limbah domestik (rumah tangga), 12 persen industri dan 2 persen lainnya,” jelasnya.

Kegiatan pembersihan sungai Cisadane dari sampah domestik merupakan langkah nyata, jauh lebih berarti dan pasti menghasilkan perubahan, serta tertanam dalam masyarakat bahwa budaya bersih merupakan bagian dari karakter bangsa Indonesia.

Sementara itu, Herwanda Karli, Stakeholder Relation Manager PT. Multi Bintang Indonesia Tbk mengatakan, kegiatan DLH Kota Tangerang bersama Aliansi Air DAS Cisadane dan para pemangku kepentingan lainnya merupakan konsep public – private – partnership.

“Dimana semua pihak berkolaborasi dalam upaya penyelamatan DAS Cisadane sesuai dengan 12 prioritas utama perlindungan DAS Cisadane yang komprehensif dari hulu ke hilir, sesuai hasil workshop UNIDO, di Bogor beberapa waktu lalu, serta United Nation Sustainable Development Goals khususnya clean water & sanitation,” tandasnya.(rat)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan