Kabupaten Tangerang Darurat Narkoba, Nasional: Setiap Tahun 15 Ribu Anak Muda Mati karena Narkoba

  • Whatsapp
Berita Banten, Berita Banten Hari Ini, Berita Banten Terbaru, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Tangerang Hari Ini, Kabupaten Tangerang Terbaru, Peristiwa, Peristiwa Hari Ini, Peristiwa Terbaru, Berita Viral, Berita Viral Hari Ini, Berita Viral Terbaru: Kabupaten Tangerang Darurat Narkoba, Setiap Tahun 15 Ribu Anak Muda Mati karena OD

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang, Deden Umardani mengungkapkan, lebih dari 90 persen pengguna narkotika dan prekursor narkotika merupakan kelompok usia produktif 15-34 tahun.

“Menurut BNN fakta yang sangat memprihatinkan lebih dari 90 persen penyalahgunaan narkotika dan prekursor narkotika dilakukan oleh kelompok usia produktif umur 15 sampai 34 tahun,” Kata Deden dalam rapat paripurna penetapan Perda Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, Kamis 23 Desember 2021.

Read More

Ironisnya lagi, 90 persen yang mencoba memakai narkotika dan prekursor narkotika merupakan kelompok pelajar. Akibatnya, sekitar 15 ribu orang dari kelompok usia muda meninggal dunia setiap tahunnya akibat over dosis, Aids, dan penyakit lain akibat penggunaan narkoba seperti jantung, paru, hati, dan ginjal.

“Ini sudah sangat mengkhawatirkan sehingga masyarakat khususnya para orang tua harus ekstra ketat menjaga putra putrinya dari penyalahgunaan narkotika dan prekursor narkotika,” ujar Deden.

Lebih dari itu, menurutnya, ditinjau dari sejumlah kasus diperkirakan dari beberapa tahun terakhir jumlah kasus penyalahgunaan narkoba cenderung meningkat.

Bahkan, politisi muda dari partai PDI Perjuangan itu mengibaratkan, jumlah kasus penyalahgunaan narkoba seperti fenomena gunung es di mana jumlah kasus yang ada lebih besar dari jumlah yang dilaporkan.

“Karena masyarakat lebih memandang masalah penyalahgunaan narkoba lebih sebagai masalah moral daripada masalah kesehatan,” imbuhnya

Oleh sebab itu, Deden menambahkan, fraksi PDI Perjuangan berharap dengan lahirnya Perda Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika dapat menata kembali aturan lokal khususnya yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Maka kami dari fraksi PDI Perjuangan menyetujui Raperda tersebut dapat diproses lebih lanjut menjadi Perda,” tutupnya. (Khi)

Wartawan

Related posts