Berbaju Putih, Miptahudin Sumringah Saat Daftar Calon DPD RI

Ramzy
9 Mei 2023 12:26
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Mantan anggota DPRD Provinsi Banten, H. Miptahudin, S.T., M.T, resmi mendaftarkan diri sebagai calon Anggota Dewan Pimpinan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) pada Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Selasa, 9 Mei 2023.

Miptahudin mengaku, keikutsertaan dirinya berkompetisi sebagai calon Anggota DPD RI dilakukan guna berkontribusi sekaligus mengakomodasi aspirasi masyarakat Provinsi Banten.

Salah satu hal yang menjadi fokus perhatian Miptahudin adalah masalah pengangguran terdidik di Banten yang melampaui angka tingkat pengangguran di provinsi-provinsi lainnya.

“Kemarin dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat Banten merupakan provinsi dengan tingkat pengangguran tertinggi. Di mana penganggurannya tercatat jauh di atas nasional. Mirisnya, angka pengangguran di dominasi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Diploma,” cetusnya.

Sebagaimana diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS), merilis per Februari 2023 ada sebanyak 7,99 juta atau 5,45 persen orang menganggur. Tingkat pengangguran ini tercatat jauh di atas angka rata-rata nasional. Meski mengalami penurunan di Februari 2022 sebesar 8,53 persen, tetapi masih tetap tertinggi di Indonesia.

Miptahudin menilai, pengentasan pengangguran merupakan pekerjaan rumah yang perlu segera diselesaikan. Pasalnya, pengentasan pengangguran erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Banten. “Tingginya jumlah angka pengangguran akan memberikan dampak sosial bagi masyarakat Provinsi Banten yang dapat mendorong terjadinya peningkatan keresahan sosial dan kriminal,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, dirinya melihat, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, diantaranya soal pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), apakah kompetensi pencari kerja tidak sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. “Atau jangan-jangan iklim investasi di Provinsi Banten masih belum kondusif, karena adanya berbagai regulasi yang kurang ramah bagi pengembangan usaha. Tentu ini akan menghambat pemerataan pertumbuhan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Padahal, Banten memiliki potensi daerah yang strategis secara geografis. “Selain sektor kelautan, pertanian, industri, Banten juga memiliki infrastruktur transportasi yang lengkap baik darat, laut dan udara. Tentu saja ini harusnya menjadi keunggulan Banten sebagai provinsi yang memiliki daya tarik bagi investor,” jelasnya.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Miptahudin memutuskan untuk melenggang menuju DPD RI setelah sebelumnya mengabdikan diri menjadi Anggota DPRD Provinsi Banten.

Sebagai putra daerah yang lahir di tanah Banten, dirinya bertekad untuk tetap berbuat dan tetap bersahabat kepada siapa pun yang berkomitmen membangun provinsi yang dikenal sebagai tanah Jawara, menuju arah yang lebih baik.

“Jika saya mendapatkan amanah dari masyarakat Provinsi Banten, maka saya siap untuk bersama-sama membangun provinsi kita tercinta,” tutupnya. (*)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan