Jalan dan MCK Persembahan SMSI Diresmikan Mensos Tri Rismaharini

  • Whatsapp

SERANG (SBN) — Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 yang jatuh pada 9 Februari 2021, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) membangun jalan dan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) di Kampung Jaha, Kelurahan Pager Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang pada Minggu (7/2/2021).

Jalan dan sarana MCK tersebut diresmikan langsung oleh Manteri Sosial RI Tri Rismaharini. Hadir ketua SMSI Pusat Firdaus, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Chairudin Bangun, Anggota Dewan Penasehat SMSI Ervik Ary Susanto, Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar dan Wali Kota Serang Syafrudin.

Ketua SMSI Pusat, Firdaus mengatakan, meski dampak pandemi covid-19 masih berlanjut, tetapi pihaknya yang tergabung dalam SMSI dengan di dalamnya terdapat 1.224 perusahaan media siber masih bisa melakukan hal-hal yang produktif.

“Kalau jalan ini dibangun tanpa MCK tidak optimal karena di lingkungan sini masih tradisional atau banyak yang masih modol di kebon (dolbon) meski dekat dengan Jakarta,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya membangun jalan sepanjang 750 meter dan 16 MCK di sepanjang jalan tersebut, tambahnya, kegotong royongan tersebut sebagai bukti insan pers ikut serta manghadapi masalah nasional.

“SMSI berusaha mewakafkan bahwa kita harus bisa manfaat,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Banten Al Muktabar memberikan apresiasi kepada SMSI atas program bakti sosial yang telah dilakukan.

“Terima kasih kepada SMSI atas program bakti sosial yang telah dilakukan dan langsung dirasakan oleh warga Provinsi Banten,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch. Bangun mengaku Dewan Pers berharap apa yang dilakukan SMSI dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Ini juga menunjukkan pers tidak dilihat sebagai pihak yang melihat dari jauh tetapi melakukan kegiatan yang dirasakan langsung masyarakat,” ungkapnya.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam sambutannya memuji program Bhakti Sosial SMSI tersebut karena organisasi pers ini membangun peradaban melalui membangun jalan dan sarana sanitasi dalam rangka HPN 2021.

Mantan Wali Kota Surabaya dua periode itu mengaku program SMSI ini membuat warga dapat merasakan akses untuk aktivitas sehari-hari.

“Bagi saya ini menarik karena jarang sekali ada inisiatif dari luar selain pemerintah untuk membangun jalan. Saya baru tahu setelah 20 tahun jadi PNS dan 10 tahun jadi wali kota, itu ada pihak lain di luar pemerintah bangun jalan lalu diserahkan kepada pemerintah,” katanya.

“Saya jadi Wali Kota Surabaya 10 tahun itu bangun jalan sepanjang 350 km. SMSI sekali tepuk bangun jalan 750 meter. Saya tertarik dengan konsep SMSI dalam memberikan sumbangan yang berbeda. Bangun jalan itu sama dengan kita membangun peradaban Jika jalan dibangun maka peradaban berubah,” tuturnya.

Dia pun berterima kasih keada SMSI yang telah membantu warga.”Saya berterima kasih yang sebesar-besarnya untuk SMSI yang telah bantu masyarakat. Dulu sewaktu saya jadi wali kota itu saya dahulukan bangun infrastruktur di kampung-kampung,” katanya. (Hendra/Dekat)

 

Wartawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *