Dari Deretan Pantai Sawarna, Lanjut ke Kebun Teh Cikuya: Destinasi Liburan Tahun Baru di Banten

Ramzy
28 Des 2019 10:10
2 menit membaca

SERANG (SBN) — Provinsi Banten banyak menyajikan wisata yang begitu indah. Salah satunya, Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak. Meskipun tak sepopuler Pantai Anyer, keindahan alam Sawarna tidak kalah indah.

Pantai Sawarna berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Selain Pantai Tanjung Layar yang menjadi ikon atau simbol Pantai Sawarna, ada beberapa pantai yang tidak kalah eksotis di sepanjang Pantai Sawarna, seperti Pantai Karang Taraje, Pantai Karang Seupang, Pantai Ciantir, Pantai Teluk Legon Pari, dan Pantai Karang Bokor.

Tiket masuk pantai tersebut terbilang murah, hanya dengan Rp5.000 kita bisa menikmati keindahan pantai yang begitu menawan. Bagi yang hendak menginap, banyak pilihan villa berjejer di dekat pantai.

“Saya merasa kagum dengan keindahan Pantai Sawarna karena selain banyak batu-batuan yang berbentuk unik, pasir pantainya juga putih dan terbilang luas sehingga tadi kita sempat main bola. Kebetulan kita ke sininya rombongan,” ucap Madsukur pengunjung yang berasal dari Lebak Wangi, Kabupaten Serang, Jumat (27 Desember 2019).

Perjalanan menuju ke sana, sambungnya, juga tidak membosankan karena jalannya berada di bukit sehingga pemandangan pantai terlihat dari ketinggian.

“Tadi di perjalanan kita sambil nikmatin keindahan pantainya karena kan jalannya berdekatan dengan pantai. Sekalipun tadi ada turunan curam, tapi nanti akan terbayar ketika di lokasi,” ucapnya.

Muamar, pengunjung lain yang berasal dari Bojonegara, Kabupaten Serang, mengungkapkan sudah terpikat oleh keindahan Pantai Sawarna.

“Saya lebih dari sekali ke sini, tapi tidak bosan-bosan untuk berkunjung lagi. Lihat saja, pantainya indah banget,” ujarnya.

Muamar menambahkan, setiap ada kesempatan lain, dia pasti akan berkunjung kembali. Menurutnya, selain tempatnya indah, jajanan di sini terbilang standar dibandingkan tempat-tempat wisata lain.

“Jajanan di sini terbilang murah. Tadi aja beli baso tusuk Rp5.000 dapat 5. Berati kan seribuan,” jelasnya.

Sementara itu, Haidar, seorang pemuda lokal yang tidak jauh rumahnya dari Pantai Sawarna mengatakan, biasanya di hari-hari besar jumlah pengunjung meningkat.

“Pengunjung yang datang ke Pantai Sawarna bukan hanya dari Banten. Saat ini, dari luar daerah juga, seperti Bandung, sudah banyak,” terangnya.

Ia berharap, para pemgunjung dapat menjaga kebersihan agar keindahan Pantai Sawarna dapat terjaga.

“Meski Pantai Sawarna terbilang bersih, tetapi ada beberapa titik sampah berserakan. Saya berharap pengunjung jaga kebersihan dan pengelola memperhatikan masalah kebersihan tersebut,” ucapnya.

Haidar menambahkan, sekitar 1 jam setengah dari Pantai Sawarna ada tempat wisata yang kini booming, yaitu Kebun Teh Cikuya, Hegarmanah, Cibeber, Lebak.

“Kalau main ke Pantai Sawarna, saya sarankan berkunjung juga ke Kebu Teh Cikuya biar menikmati nuansa puncak di Banten,” ujarnya. (Hendra/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan