Kunjungi Masyarakat Adat Baduy, Pangdam III Siliwangi Disambut dengan Upacara Adat dan Angklung Buhun

Ramzy
18 Jan 2020 10:12
1 menit membaca

LEBAK (SBN) — Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiriyanto dan rombongan mengunjungi Desa Adat Baduy di Leuwidamar, Lebak, usai mengunjungi korban bencana banjir dan longsor asal Desa Cigobang dan Desa Cipayung, Kecamatan Lebakgedong, yang mengungsi di Dodiklatpur Rindam III Siliwangi, Lebak, Jumat (17 Januari 2020).

Di sana, ia menawarkan, apabila masyarakat Baduy ingin berkunjung ke Kodam III Siliwangi, dapat langsung lapor ke Danrem 064/MY.

“Kalau ada waktu ingin berkunjung ke Kodam, bisa minta tolong melalui Danrem,” katanya.

Ia berharap, Masyarakat Adat Baduy tidak sungkan jika membutuhkan bantuan karena mereka adalah bagian dari Kodam III/Siliwangi.

“Saya dan rombongan sebagian besar berasal dari berbagai daerah. Ini menandakan bahwa kita ini satu bangsa dan satu negara,” jelasnya.

Kedatangan Pangdam III Siliwangi di Baduy disambut dengan upacara adat dan diiringi angklung buhun.

“Ini merupakan salah satu keanekaragaman budaya yang harus dipertahankan,” katanya saat melakukan bincang-bincang dengan para Jaro di Baduy.

Nugroho mengaku senang telah dapat berkunjung ke Baduy, meskipun baru bisa sampai Baduy Luar.

“Saat ini saya belum dapat ke Baduy Dalam sebab waktu yang tidak memungkinkan. Tetapi, lain waktu kita akan luangkan untuk berkunjung,” ungkapnya. (Hendra/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan