Tingkat Produksi Ikan di Kabupaten Tangerang Masih Rendah

waktu baca 1 menit
Senin, 31 Agu 2020 17:16 0 551 Ramzy

KABUPATEN TANGERANG (SBN) — Tingkat produksi ikan di Kabupaten Tangerang terbilang masih rendah, hal ini membuat tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan di Kabupaten Tangerang masih rendah yakni baru 34,6 kg perkapita pertahun. Angka konsumsi ini pun masih di bawah standar nasional sebesar 54 kg perkapita pertahun.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jaenudin menjelaskan, masih rendahnya konsumsi masyarakat terhadap ikan dikarenakan produksi ikan di Kabupaten Tangerang hanya baru 46 ribu ton pertahun. Hal ini tidak sebanding dari kebutuhan ikan masyarakat Kabupaten Tangerang yang mencapai 103 ribu ton pertahun.

“Jumlah produksinya belum sebanding baru mencapai 44 persen jumlah kebutuhan,” ujar Jaenudin kepada wartawan, Senin, 31 Agustus 2020.

Menurutnya, masih ada upaya untuk menaikan tingkat konsumsi ini harus dibarengi dengan peningkatan tingkat produksi ikan di Kabupaten Tangerang. Tentunya dengan pemberian fasilitas penunjang kepada peternak ikan dan nelayan. Sehingga, kata dia, ke depan dapat menaikan nilai ekonomi, maka pemasaran ikan bakal ikut meningkat.

“Ini adalah tantangan bagi kita karena sektor perikanan ini juga jadi salah satu harapan pemulihan ekonomi dampak Covid-19,” tuturnya

Ia menambahkan, dengan memproduksi ikan sebanyak-banyaknya bukan hanya akan meningkatkan nilai ekonomi tetapi asupan gizi masyarkat juga meningkat.

“Di Kabupaten Tangerang masih banyak stunting karena nilai asupan gizinya dari ikan juga masih kecil,” tutupnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

LAINNYA