Tingkatkan Ketangguhan Anggota, Pramuka UIN SMH Banten Gelar Geladi Tangguh dan Kemah Bakti

Ramzy
25 Apr 2019 15:05
2 menit membaca

SERANG – Gerakan Pramuka Gugus Depan Kota Serang 01.281-01.282 yang berbasis pada Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, menghelat kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan yaitu Geladi Tangguh Pramuka dan Kemah Bakti Pramuka (GTP & KBP) tahun 2019. Kegiatan Bertempat di Bumi Perkemahan Kampung Kosambi Dalem, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, yang berlangsung sejak tanggal 19-28 April 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ambalan dan Racana Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Nyi Ageng Ratu Ayu Kirana ini merupakan tahap Kaderisasi tingkat dua, setelah Kaderisasi tingkat pertama yaitu Orientasi Ambalan dan Racana (OTAR). Kegiatan yang diselenggarakan selama 10 hari ini, juga merupakan representasi dari Try Darma Perguruan Tinggi salah satunya yaitu pengabdian diri terhadap masyarakat.

Pembina Gugus Depan Pramuka UIN SMH Banten Ahmad Hidayat menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan adat yang wajib dilaksanakan dan dikuti oleh anggota. Kegiatan ini dapat meningkatkan ketangguhan anggota karena berlangsug dalam kurun waktu yang cukup lama, ditambah ketika diakhir kegiatan mereka harus pulang berjalan kaki menempuh jarak yang begitu jauh.

“Dalam hal ini, tentulah dibutuhkan fisik dan psikis yang prima, sehingga kegiatan ini dapat membentuk ketangguhan pada diri anggota,” ujarnya ketika diwawancara via seluler, Rabu (24/4/2019).

Menurutnya, selain itu disamping membentuk ketangguhan dan menempa diri anggota, pada kegiatan ini juga anggota harus mampu memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga terhadap masyarakat. Sehingga kehadiran Pramuka dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Seperti halnya tunas kelapa yang tumbuh dan berkembang dimana saja, serta dapat bermanfaat terhadap siapa saja,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan GTP & KBP Aziz Sadam menjelaskan, bahwa tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah bakti nyata seorang Pramuka yang tangguh, disiplin dan militan.

“Adapun maksudnya seorang pramuka harus memiliki bakti yang nyata terhadap masyarakat, senantiasa disiplin dapat mengatur sesuatu dengan baik, tangguh berdiri tegak dan militan terhadap organisasi,” jelasnya lelaki yang akrab dipanggil Aziz tersebut.

Ia menambahkan, beberapa kegiatan yang disajikan kepada masyarakat antara lain pembersihan sarana umum ( jalan, makam, majelis), pembuatan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga gratis, Pengobatan gratis, Mobil Pintar, Perpustakaan Keliling, Pembuatan Plang, Pengecetan Majelis/Poskamling, Bakti Belajar Mengajar, Anjang Rumah dan Penanaman Pohon.

(res)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan