Ramadan, Lalu Lintas Hewan Ternak di Pelabuhan Merak Meningkat

Ramzy
9 Mei 2019 22:31
1 menit membaca

CILEGON (SBN)-, Memasuki bulan Ramadan, lalu lintas pengangkutan hewan ternak dari Pilau Jawa ke Pulau Sumatera atau sebaliknya mengalami peningkatan. Dalam satu hari, Balai Karantina Pertanian Kelas II Kota Cilegon mengeluarkan sedikitnya 100 sertifikat kelayakan hewan.

“Seiring dengan peningkatan itu, maka pengawasan di Pelabuhan Merak pun turut ditingkatkan,” kata Kepala Wilayah Kerja (Wilker) Pelabuhan Penyebrangan Merak Balai Karantina Pertanian Kelas II Cilegon Fitria Sari, Kamis (9/5/19).

Fitria mengatakan, peningkatan disebabkan tingginya permintaan daging hewan ternak pada bulan Ramadhan. Fitria menjelaskan, hewan yang diperiksa diantaranya sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Ia juga menyampaikan, pemeriksaan perlu dilakukan untuk menjamin kondisi hewan dan daging yang dibawa dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatra atau sebaliknya tetap dalam kondisi sehat dan layak konsumsi.

Menurutnya, hewan yang tidak sehat dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya seperti terlihat lesu dan tidak nampak nafsu makan.

“Kalau untuk mengetahui kualitas pada daging dapat dilihat dari warna daging yang tidak segar atau pucat,” terangnya. (wawan/don).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan