Viral Video Pungli di Kecamatan Kresek, Begini Kata Zaki

Ramzy
28 Agu 2019 19:38
2 menit membaca

Istimewa.

TANGERANG (SBN) – Beredar video oknum pegawai Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang yang melakukan pungutan liar (pungli), kepada warga yang sedang mengurus akta kelahiran.

Video yang tersebar dikalangan masyarakat tersebut berdurasi 1 menit dan berisi warga yang sedang mengurus akta kelahiran, dan sedang menyiapkan uang Rp 100.00 di Kantor Kecamatan Kresek.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meminta kepada Inspektorat Kabupaten Tangerang agar segera memeriksa kasus dugaan pungli yang sedang viral di media Sosial, Rabu, (28/8/2019).

Hal tersebut diungkapkan Zaki ketika ditemui media seusai acara pengukuhan dan Mukernas Persada ID di hotel Atria, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Zaki menjelaskan bahwa rekaman dalam video tersebut tidak jelas siapa yang meminta uang, kapan dilakukan. Zaki juga mengajak masyarakat melihat lagi dengan seksama.

Dirinya juga mengaku bukan menyanggah apalagi memproteksi atau melindungi, tetapi semuanya masih belum jelas dan menurutnya biarkan nanti inspektorat bekerja untuk memeriksa.

“Tapi kalau dari videonya sendiri nggak ada itu kalimat permintaan duit di situ, nggak ada juga kalimat negosiasi atau apa atau di rekaman ketika diberikan duitnya. Ini yang perlu di perlu diklarifikasi dan dijelaskan segambalang-gamblangnya agar tidak menjadi lebih viral,” ungkap Zaki.

Zaki pun meminta agar pengupload video melakukan laporan resmi agar lebih jelas dan tidak ada kesalahpahaman yang terus berlanjut tanpa ada kejelasannya.

Sementara itu Camat Kresek Zaenudin mengatakan pihaknya tidak pernah meminta sesuatu imbalan untuk pelayanan, dan kejadian video viral tersebut tidak jelas dan stafnya pun tidak meminta kepada masyarakat yang menerima pelayanan.

“Kami dari pihak kecamatan Kresek tidak meminta apa-apa kepada masyarakat, dan di video viral itu pun hanya seolah olah memberi sesuatu, tetapi saya tegaskan tidak meminta,” ungkap Camat menjelaskan.

Diketahui, saat ini sedang viral di jagat media soaial Instagram yang di unggah oleh akun @infotangerang.id , @Infobalaraja , yang mengunggah dugaan pungli terhadap masyarakat yang sedang mendapatkan pelayanan di Kecamatan Kresek.(zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan