Layanan Darurat Call Center 112 Pemkab Tangerang Tetap Siaga 24 Jam Selama Libur Lebaran

  • Whatsapp
Call Center 112 Pemkab Tangerang

Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang tetap membuka layanan panggilan darurat Call Centre 112 selama 24 jam selama masa cuti dan libur lebaran, 29 April hingga 8 Mei mendatang. Pemkab mengakomodir kebutuhan para pemudik maupun masyarakat Kabupaten Tangerang khususnya dalam menangani soal kegawatdaruratan.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Cecep Khaerudin mengatakan, selama libur cuti lebaran ini operator Call Centre 112 tetap aktif melayani masyarakat untuk menangani kegawatdaruratan. Diantaranya layanan darurat medis, kriminal, bencana, kebakaran, kecelakaan, keamanan dan ketertiban, serta hal lain seperti evakuasi hewan buas, pohon tumbang, dan juga permintaan informasi.

“Kami tetap standby (di masa cuti lebaran) selama 24 jam, dan kami juga selalu berkomunikasi dengan pihak kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Kabupaten Tangerang) dan Satpol PP untuk menangani perihal kegawatdaruratan khususnya di masa cuti lebaran ini,” ucap Cecep pada Kamis (28/04/2022).

Ia juga mengatakan, dalam operasinya komposisi petugas Call Centre 112 terdiri dari 13 orang yang terbagi menjadi 3 shift (3 orang per-shift dan 4 orang mendapat libur per-hari). Petugas tersebut memiliki tugas untuk melakukan komunikasi kepada instansi terkait untuk menangani persoalan kegawatdaruratan.

“Contohnya seperti ada kebakaran, operator ini bertugas untuk menyambungkan kepada Dinas terkait seperti BPBD. Selain itu, kami juga lakukan pembagian shift kepada operator, hal ini kami lakukan agar panggilan kedaruratan tetap berjalan namun disaat yang sama para petugas tetap dapat merayakan hari raya Idul Fitri,” ucapnya.

Sebagai informasi, layanan panggilan darurat Call Center 112 merupakan inovasi Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk menangani kegawatdaruratan di Kabupaten Tangerang selama 24 jam penuh.

Melalui layanan ini, masyarakat dapat melakukan pelaporan dengan cepat, mudah dan bebas pulsa. Dengan adanya layanan ini, diharapkan pemudik yang singgah atau melintasi jalur Kabupaten Tangerang dapat merasa aman dan nyaman.

“Dari bulan Januari hingga April 2022 ini, layanan Call Centre 112 sudah menindaklanjuti aduan sebanyak 212 panggilan, yang terdiri dari aduan kebakaran, kecelakaan, kriminal, evakuasi hewan liar dan lain sebagainya. Sedangkan untuk permintaan informasi seperti lokasi vaksinasi, layanan ini telah menangani 4.347 panggilan,” ujar Cecep.

“Kalau untuk prank call ini ada 15.565 panggilan, kami harap kedepannya masyarakat dapat menggunakan layanan ini dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya.(red)

Wartawan

Related posts