SMPN 1 Tigaraksa Jalankan Program Kurasaki untuk Atasi Sampah

Ramzy
26 Agu 2019 16:52
1 menit membaca

TANGERANG (SBN) – Untuk mengurangi produksi sampah pada lingkungan sekolah, SMP Negeri 1 Tigaraksa menggagas program Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki). Aturan pada program Kurasaki tersebut, para siswa wajib membawa bekal dari rumah ataupun membawa tempat makan dan minum. Serta, dilarang membuang sampah di area sekolah.

“Kita minta murid membersihkan kelas atau memunguti sampah. Itu kita lakukan untuk mengedukasi murid menjaga kebersihan,” ujarnya Sukirno Wakasek kurikulum Smp N 1 Tigaraksa, Senin (26/8/2019).

Aturan tersebut menurutnya sudah berjalan sejak beberapa bulan. Sejak diberlakukan, pihaknya berhasil mengurangi produksi sampah di sekolah.

“Biasanya, banyak banget sampah plastik di kelas, halaman sekolah ataupun kolong meja. Tapi, sejak kami terapkan aturan dan adanya hukuman tersebut, sampah bisa berkurang,” tuturnya.

Dalam hal ini, lanjut Sukirno, SMPN 1 Tigaraksa melakukan upaya lain untuk mengatasi persoalan sampah tersebut melalui program Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki).

“Prinsip dari program ini, adalah mengurangi sampah di sekolah dengan mengubah pola hidup siswa,” tutupnya.(Sad/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan