Presiden Disuntik Vaksin Pertama Hari Ini

Joe
13 Jan 2021 10:34
2 menit membaca

JAKARTA — Suntikan pertama vaksin covid-19 diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Rabu (13/1/2021). Presiden disuntik vaksin pertama di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, sebagaimana dilansir CNN Indonesia. Ini adalah suntikan perdana vaksin CoronaVac buatan perusahaan asal China, Sinovac, yang menandai dimulainya program vaksinasi di Indonesia.

Setelah berkonsultasi mengenai kondisi kesehatannya secara umum, Jokowi menerima suntikan dosis pertama vaksin di lengan kirinya. Sebelum menyuntikkan vaksin, Tim Dokter Kepresidenan yang menyuntik Jokowi menunjukkan kotak vaksin bermerek Sinovac.

Setelah Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga diberikan suntikan perdana vaksin Sinovac. Kendati begitu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak ikut disuntik vaksin karena faktor usia.

Pemerintah telah membuat daftar prioritas penerima vaksin untuk program vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini, yaitu tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya.

Agar terbentuk kekebalan populasi atau herd immunity, pemerintah juga menargetkan setidaknya 70 persen penduduk Indonesia (sekitar 182 juta jiwa) harus diberi vaksin.

BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) vaksin Sinovac dan menyebutkan bahwa vaksin Sinovac memiliki keefektifan hingga 65,3 persen. Efek sampingnya bersifat ringan hingga sedang dan bersifat lokal berupa nyeri, iritasi, dan pembengkakan. Ada juga efek samping sistemik berupa nyeri otot, fetik, dan demam.

Ada juga efek samping dengan derajat berat berupa sakit kepala, gangguan di kulit, atau diare. Namun, temuannya hanya 0,1 sampai dengan 1 persen. Semua efek samping tersebut tidak berbahaya dan dapat pulih kembali.

Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa halal untuk penggunaan vaksin Sinovac.

Pemerintah melangsungkan vaksinasi perdana mulai 13 Januari 2021 (hari ini) dengan Presiden dan para pejabat lainnya sebagai klaster pertama penerima suntikan vaksin Covid-19. []

Sumber: CNN Indonesia

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan