Positif DBD, Dinkes Langsung Lakukan PSN dan Fogging

Ramzy
18 Jan 2020 11:15
2 menit membaca

CILEGON (SBN) — Setelah beredarnya pemberitaan virus DBD (Demam Berdarah Dengue) yang menyerang warga Cilodan. Dinas Kesehatan Kota Cilegon langsung melakukan pembersihan sarang nyamuk (PSN) dan pengabutan (fogging) di Lingkungan Cilodan, Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Jumat (17/01/20).

Tindakan ini dilakukan untuk menekan berkembangnya nyamuk Aedes aegypti sebagai pembawa virus BDB sekaligus memberantas tempat-tempay yang berpotensi menjadi sarang berkembangnya nyamuk tersebut.

“Paginya kita kita lakukan PSN, sorenya langsung fogging,” tutur Lita Fitriana sebagai pelaksana program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2).

Langkah PSN dan pengabutan ini, menurut Lita, adalah langkah yang paling efektif untuk membasmi nyamuk Aedes aegypti.

“Di sini (Cilodan) banyak tempat yang potensial untuk berkembangnya nyamuk,” katanya.

Oleh karena itu, sambung Lita, masyarakat perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat dan pencegahan penyakit DBD ini menjadi tanggung jawab bersama.

Lurah Gunung Sugih Bustanul Arifin membenarkan, kegiatan yang dilakukan ini untuk memberantas penyebaran nyamuk Aedes aegypti mengingat laporan dari Dinas Kesehatan bahwa ada warga yang terjangkit DBD.

“Memang ada satu orang yang terkena DBD, tapi itu sudah dinyatakan sembuh,” ujar Arifin.

Arifin juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan rajin melakukan kegiatan Pemusnahan Sarang Nyamuk (PSN), terutama karena sekarang sudah memasuki musim hujan.

“Agar nyamuk tidak berkembang, Intinya menerapkan pola hidup sehat dan melakukan kegiatan PSN seminggu sekali,” tutup Arifin.

Ketua RT 18/05 Lingkungan Cilodan, Syaeful, menyatakan bersyukur dan mengapresiasi tindakan nyata Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan itu.

“Alhamdulillah, paginya ada PSN bersama, sorenya langsung pemoggingan,” tutup Syaeful, Jumat malam. (Wawan/Atm)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan