Penanggulangan Banjir, Pemkab Tangerang Klaim Telah Melakukan Reaksi Cepat

Ramzy
4 Feb 2020 17:03
2 menit membaca

TANGERANG (SBN) — Dalam melakulan penanggulangan banjir di sejumlah titik di Kabupaten Tangerang, Sekretaris Daerah menyebut bahwa Pemkab Tangerang telah melakukan reaksi cepat dalam rangka menanganan terhadap warga yang terdampak banjir.

“Pemerintah daerah melalui TNI, pihak kecamatan, kelurahan, Dinas Binamarga, Dinas Sosial, BPBD, dan Dinas Perkim Kabupaten Tangerang telah melakukan reaksi cepat,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid saat meninjau banjir di Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Selasa, 4 Februari 2020.

Termasuk, kata dia, tanggul yang jebol sudah mulai diperbaiki, air bersih sudah disalurkan oleh PDAM, dapur umum sudah disiapkan oleh Dinsos dan Puskesmas pun siaga di tiga titik.

“Artinya begitu ada kejadian, pemerintah daerah langsung tanggap dan respons di bawah komando Bupati Tangerang,” ungkapnya.

Pihaknya mengatakan, sudah melakukan pantauan banjir di RW 20 dan RW 07, Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis yakni di Perumahan Permata dan Regency.

“Setelah ditinjau, tadi memang ada beberapa usulan dari warga. Mereka meminta adanya sebuah perbaikan pintu air, tanggul yang jebol agar diperbaiki dan alat sedot ditambah agar air bisa cepat dialiri ke luar lingkungan perumahan,” imbuhnya.

Namun, kata dia, untuk mengaliri air ke luar permukiman disitu terdapat masalah di Sungai Cirarab yang masih meluap. Jika disalurkan melalui alat sedot tentunya air pasti akan mengalir ke permukiman rumah warga.

“Jika aliran air di Sungai Cirarab dianggap sudah lancar tentu normalisasi dengan menggunakan alat sedot air akan lancar dan jumlahnya kita akan tambah,” tandasnya.

Selain itu, mereka juga mengusulkan dibangun sebuah turab dan itu akan konsultasikan dengan pihak provinsi supaya terdapat komunikasi yang baik dari Pemerintah Daerah dan Provinsi.

“Nanti saya lapor ke Bupati, agar Bupati bisa langsung menentukan sikap,” ujarnya.(Restu/Zie)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan